nusabali

ST Yowana Galang Bantuan Bencana Gunung Agung

  • www.nusabali.com-st-yowana-galang-bantuan-bencana-gunung-agung

Sekaa Teruna (ST) Yowana Giri Santhi Banjar Kelodan, Desa/Kecamatan Manggis, Karangasem, mengawali menggalang bantuan untuk pengungsi bencana Gunung Agung.

AMLAPURA, NusaBali
Upaya itu dilakukan secara spontan dengan memungut bantuan secara sukarela bagi pengendara yang kebetulan melintas di pertigaan Desa Manggis. Tak hanya menggali bantuan, anggota ST juga turut membantu mengatur kelancaran lalulintas.

Penasehat ST Yowana Giri Santhi, I Ketut Sukerta, didampingi Ketua ST I Gusti Ngurah Sandi Mahayana, mengungkapkan di sela-sela menggalang dana di pertigaan Desa Manggis, Kecamatan Manggis, Karangasem, Sabtu (23/9). Mulanya ST Yowana Giri Santhi, awalnya membantu kelancaran lalulintas yang sempat memacetkan jalur Objek Wisata Candidasa Banjar Samuh, Desa Bugbug, Kecamatan Karangasem ke arah barat Desa Manggis, Kecamatan Manggis, mulai pukul 21.00 Wita, pasca dinaikkan status awas Gunung Agung.

Sebab, arus lalulintas dari kedua arah, ditambah kroditnya kendaraan dari beberapa pertigaan. Sebab, ribuan kendaraan roda empat dan roda dua keluar ke jalan, terutama dari Kecamatan Selat, Kecamatan Bebandem dan Kecamatan Karangasem.

Acara membantu kelancaran lalulintas berlanjut, Sabtu (23/9), kemudian disertai memungut sumbangan, terbagi tiga titik mengenakan pakaian adat ringan.

Apalagi di Desa Manggis dijejali pengungsi di beberapa titik, yakni di Bale Banjar Kelodan, Bale Banjar Manggis, Bale Banjar Tengah, Bale Banjar Pande, Bale Banjar Bakung, dan di Pasar Desa Manggis.

“Kami menggalang dana untuk korban Gunung Agung, secara spontan. Nanti, setelah bantuan terkumpul, disalurkan ke pengungsi di Desa Manggis,” jelas I Ketut Sukerta.

I Ketut Sukerta menambahkan, dari 120 orang yang masuk daftar ST Yowana Giri Santhi, hanya sebagian yang bisa hadir. Sebab kebanyakan masih sekolah. “Kami berupaya membantu, melalui peduli sosial, sesuai kemampuan kami miliki,” tambahnya. *k16

Komentar