nusabali

Tutik dan Ayu Pastika Terjun ke Lokasi Pengungsian

  • www.nusabali.com-tutik-dan-ayu-pastika-terjun-ke-lokasi-pengungsian

Pengungsi akibat status Awas Gunung Agung di Kabupaten Karangasem membuat bantuan kemanusiaan terus mengalir. 

DENPASAR, NusaBali
Jumat (22/9) kemarin, anggota Fraksi Demokrat DPR RI Putu Tutik Kusuma Wardhani dan Ketua TP PKK Provinsi Bali Ny Ayu Pastika turun langsung ke lokasi pengungsian warga Karangasem di Desa Les dan Desa Tembok Kecamatan Tejakula Kabupaten Buleleng.

Tutik menyerahkan bantuan sembako, bantuan selimut, obat-obatan kepada para pengungsi. "Hari ini saya turun di 2 lokasi. Di Desa Les dan Desa Tembok. Ini adalah keterpanggilan atas nama kemanusiaan. Bukan atas dasar pencitraan. Besok (hari ini) saya akan bawa susu untuk anak-anak balita. Saya pantau anak -anak balita perlu dapat penanganan, " ujar Tutik.

Sementara Wakil Ketua Pemenangan Pemilu DPD Demokrat Bali I Gede Ngurah Wididana alias Pak Oles secara terpisah mengatakan, Partai Demokrat instruksikan kader-kader turun membantu pengungsi. "DPD Demokrat instruksikan kepada Ketua DPC PD se-Bali, semua Fraksi PD se-Bali, untuk membantu saudara kita yang mengungsi akibat peristiwa bencana Gunung Agung, baik berupa uang, obatan dan makanan. Ketua DPC  se-Bali diminta koordinasikan supaya tepat sasaran, " ujar Pak Oles.

Pak Oles menyebutkan kemarin Demokrat kirim 4 mobil pick up sembako, beras, mie instan, air mineral dan keperluan lain, seperti sabun, pembalut, odol dan masker ke posko bencana gunung agung di Desa Selat, Rendang, Sibetan. 

Pada hari yang sama, Ketua TP PKK Provinsi Bali Ny Ayu Pastika juga meninjau lokasi pengungsian di Desa Les dan Tembok, Kabupaten Buleleng. Tiba di lokasi pengungsian Desa Les, Ayu Pastika yang didampingi Kadis Sosial Provinsi Bali I Nyoman

Wenten disambut Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri yang kebetulan meninjau warganya yang mengungsi.

Pada kesempatan itu, Ayu Pastika mengkoordinasikan sejumlah hal terkait dengan kebutuhan dasar para pengungsi seperti keberadaan dapur umum, MCK, layanan kesehatan hingga sarana bermain bagi anak. Kata Ayu Pastika, melihat perkembangan terkini, tak dapat dipastikan hingga kapan warga akan berada di lokasi pengungsian. "Karena itu, kebutuhan makan, MCK, kesehatan dan kebutuhan dasar lainnya harus mendapat perhatian," ujarnya. 

Lokasi Pengungsian di Desa Les menampung 1.400 warga dari Desa Ban. Sementara Desa Tembok menampung 886 pengungsi yang disebar di lima titik. Sementara itu, Dinas Sosial Provinsi Bali telah menyalurkan 3 ton beras untuk memenuhi kebutuhan pengungsi selama 7 hari ke depan. *nat

Komentar