nusabali

Damkar Klungkung Tambah Armada

  • www.nusabali.com-damkar-klungkung-tambah-armada

Kondisi mobil pemadam kebakaran (Damkar) Klungkung cukup memprihatinkan. 

SEMARAPURA, NusaBali
Dari empat mobil Damkar di Klungkung daratan, dua di antaranya tidak berfungsi maksimal. Karena umur mobil ini sudah tua dari anggaran pengadaan tahun 1995. 

Sehingga dari segi operasi mobil tersebut kurang efisien, bahkan satu unit mobil Damkar tidak bisa menyedot air. Untuk perbaikan armada juga masih sulit mencari suku cadang atau spare part. Oleh sebab itu, Dinas Sat Pol PP dan Damkar Klungkung mengajukan pengadaan lagi satu unit Damkar pada APBD 2017.

Satu unit mobil Damkar tersebut kini sudah tiba di Klungkung sekitar seminggu lalu. Pengadaan ini  dengan anggaraan Rp 1,8 miliar. “Kini totalnya kami memiliki lima unit mobil Damkar di Klungkung daratan, satu unit tanki dan satu unit mobil komando. Untuk di Nusa Penida sudah ditempatkan satu unit,” ujar Kasat Pol PP dan Damkar Klungkung I Putu Suarta, Jumat (22/9).

Kata dia, pengadaan satu unit mobil Damkar itu untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat ketika terjadi kebakaran. Karena kondisi dua unit mobil Damkar kurang maksimal karena sudah tua. Sejauh ini penempatan mobil Damkar tersebut masih dipusatkan di Kantor Damkar. Sementara untuk memaksimalkan pelayanan ketika terjadi kebakaran di wilayah Nusa Ceningan dan Lembongan, Kecamatan Nusa Penida, pihaknya masih mengkaji  untuk menempatkan armada Damkar. Hanya saja melihat kondisi geografis di Nusa Caningan dan Nusa Lembongan agak sempit dan jalan berkelok maka Damkar sulit beroperasi di dua nusa itu.

Atas persoalan geografis tersebut, pihaknya berencana menempatkan sebuah mesin portable untuk bisa menyedot air yang disemprotkan ke lokasi kebakaran. Air yang disedot oleh alat ini akan memanfaatkan air kolam renang terutama di lokasi villa, restoran dan akomodasi pariwisata lainnya. “Rata-rata akomodasi pariwisata di sana memiliki kolam renang,” katanya. *wa

Komentar