nusabali

Hari Ini, Ada Upacara Pamlehpeh di Pura Besakih

  • www.nusabali.com-hari-ini-ada-upacara-pamlehpeh-di-pura-besakih

Terkait meningkatnya status Gunung Api Agung ke level siaga (III), Parisadha Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Provinsi Bali telah menyarankan pangemong Pura Besakih agar melaksanakan upacara Guru Piduka dan Pamlehpeh kehadapan Ida Bhatara di Gunung Agung.

DENPASAR, NusaBali

“Sekitar lima hari atau seminggu lalu kami sudah menyarankan kepada para pangemong Pura Besakih agar rapat bersama terkait hal ini. Akhirnya diputuskan besok (hari ini, red) ada upacara Pamlehpeh di beberapa Pura di Besakih, seperti Pura Pengubengan, Bangun Sakti, dan Basukian,” ujar Ketua PHDI Bali, Prof Dr Drs IGN Sudiana MSi, saat dihubungi, Selasa (19/9).

Menurut Prof Sudiana, apabila dilihat secara Hindu dan pemahaman masyarakat Bali, jika berkaitan dengan aktivitas alam, seperti kondisi alam yang kurang bersahabat dengan kehidupan manusia, maka hanya bisa dilakukan melalui doa-doa dan usaha manusia. “Masyarakat diharapkan bersama-sama memanjatkan doa agar gunung tidak beraktivitas hingga terjadi bencana. Sebab, masalah Gunung Agung bukan hanya menyangkut masalah sekitar gunung saja, tetapi juga kerahayuan jagat Bali,” imbuhnya.

Sementara dalam rapat tersebut juga diputuskan bahwa di masing-masing menghaturkan pejati di sanggah atau merahan keluarga untuk memohon keselamatan bersama. “Seperti biasa, di rumah kalau setiap upacara pasti memohon kepada Bhatara Guru terlebih dahulu. Mendoakan biar selamat, gunung tidak beraktivitas lagi,” katanya.

PHDI Bali juga mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan mengikuti instruksi dan informasi resmi dari pemerintah. Masyarakat juga diminta agar tidak terpancing dengan informasi yang simpang siur hingga meresahkan kondisi masyarakat terutama yang tinggal dekat dengan Gunung Agung. *in

Komentar