nusabali

Bupati Eka Targetkan Setiap Desa Punya Bank Sampah

  • www.nusabali.com-bupati-eka-targetkan-setiap-desa-punya-bank-sampah

Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti menggelar syukuran bersama ratusan petugas kebersihan dan para pimpinan OPD (organisasi perangkat daerah) di Lapangan Tenis,

Syukuran Adipura di Tabanan


TABANAN, NusaBali
Banjar Dangin Carik, Desa Dajan Peken, Kecamatan Tabanan, Selasa (19/9). Meski tiga kali beruntun meraiih Adipura, Bupati Eka mengingatkan jajarannya tetap kerja keras. Bupati juga pasang target setiap desa di Kabupaten Tabanan punya bank sampah dan rumah kompos pada tahun 2018.

Guna menyukseskan target ini, Bupati Eka akan menjadikan beberapa desa sebagai pilot project penanganan sampah. Sebab jika dilakukan di 133 desa sekaligus akan membutuhkan waktu yang lama. Percontohan ini bisa dilakukan di 3 sampai 4 desa dengan variasi berbeda. Misal, rumah kompos, rumah energi, bank sampah, dan sebagainya. “Jika tidak ada contohnya maka masyarakat akan menjadi acuh. Terpenting masyarakat jangan sampai menganggap masalah sampah ini sebagai musibah tapi dengan dikelola dengan baik bisa menjadi berkah,” jelasnya.

Bupati juga meminta anak-anak sekolah diajarkan bahaya sampah, khususnya bahaya sampah plastik. Bupati Eka juga bagikan uang sebesar Rp 200 ribu dan bingkisan kepada para petugas kebersihan. Acara dilanjutkan dengan peresmian Taman Bermain anak-anak dan Taman Olahraga untuk masyarakat umum di lapangan Alit Saputra, Banjar Dangin Carik.

Sementara Kepala Badan Lingkungan Hidup Tabanan, AA Raka Icwara menambahkan, biaya operasional yang dikeluarkan untuk mengangkut sampah sangatlah besar, apalagi PAD Tabanan terbatas. Sehingga sangat dibutuhkan inovasi-inovasi khususnya di setiap desa agar biaya dapat ditekan. “Bila terobosan ini bisa dilakukan maka sampah akan terkelola dengan baik dan anggaran yang dikeluarkan untuk operasional persampahan bisa ditekan,” tandasnya. Raka Icwara juga mengingatkan tokoh masyarakat terus memberikan edukasi kesadaran pentingnya mengelola sampah sehingga bisa mengubah mindseat masyarakat. *k21

Komentar