nusabali

Tabrak Pembatas Jalan, Innova Terguling

  • www.nusabali.com-tabrak-pembatas-jalan-innova-terguling

Penumpang Michael Dennis mengalami luka lecet pada lutut kanan dan Tandjhoenlie mengalami luka lecet pada dahi.

NEGARA, NusaBali

Kijang Innova N 1535 AX yang mengangkut tiga wisatawan asal Amerika Serikat terguling di Km 94-95 Jalan Sudirman, Lingkungan/Kelurahan Pendem, Kecamatan Jembrana, Selasa (19/9) sore. Mobil yang dikemudikan Budi Santoso, 29, ini terguling setelah menabrak pembatas jalan. Sopir dan seluruh penumpang dalam keadaan selamat. Diduga kecelakaan mengerikan ini terjadi akibat sopir mengemudi dalam keadaan mengantuk.

Informasi di lapangan, kecelakaan tunggal itu terjadi sekitar pukul 15.00 Wita. Kejadian bermula ketika mobil yang dikemudikan Budi Santoso, 29, asal Jalan Desa Bandulan V/711, RT 2/RW 3 Kecamatan Sukuan, Kota Malang, Jawa Timur melaju dari arah barat (Gilimanuk) ke timur (Denpasar). Budi yang mengemudikan mobil sewaan ini mengangkut rombongan satu keluarga wisatawan asal Amerika Serikat yakni Michael Dennis, 69, Tandjhoenlie, 59,  dan Laurrensia Gloria Sebastian, 27.

Setiba di TKP dengan keadaan jalan lurus tanjakan landai, mobil melaju agak ke tengah sehingga menghantam ujung utara taman pembatas jalan. Mobil yang melaju dengan kecepatan tinggi ini sampai naik ke taman pembatas jalan hingga menabrak tiang papan billboard. Sejurus kemudian mobil terguling ke kiri. Posisi bangkai mobil telentang di tengah badan jalan.

Warga sekitar dan anggota kepolisian yang kebetulan sedang berjaga di Pos Lantas Taman Makam Pahlawan Jembrana langsung ke TKP. Meski ikut terjungkal, sopir dan 3 penumpangnya dalam keadaan selamat. Sopir dan Gloria Sebastian tidak mengelami luka apa pun. Sementara Michael Dennis mengalami luka lecet pada lutut kanan dan Tandjhoenlie mengalami luka lecet pada dahi. Meski selamat, ketiga wisatawan asal Amerika Serikat yang ingin berlibur di Bali ini dibawa berobat ke RS Negara. Setelah diperiksa dan diobati, wisatawan ini dipersilakan melanjutkan perjalanan.

Sementara bangkai mobil yang terguling dievakuasi dengan mobil derek. Sewaktu proses evakuasi selama 15 menit, arus lalu lintas sempat tersendat karena pemberlakukan buka tutup menggunakan satu lajur di bagian selatan. Selanjutnya mobil diamankan Sat Lantas Polres Jembrana. Kasat Lantas Polres Jembrana, AKP Nyoman Sukadana mengatakan, kecelakaan tunggal ini murni human error. Sopir juga mengaku mengemudi dalam keadaan ngantuk.

Sopir yang mengajak tiga wisatawan Amerika Serikat ini berangkat dari Malang, Jawa Timur sekitar pukul 05.00 Wita tujuan Denpasar. Sopir hanya sempat istirahat saat naik kapal penyeberangan dari Pelabuhan Ketapang menuju Pelabuhan Gilimanuk. “Pengemudinya berkendara dalam kondisi mengantuk. Dua orang luka ringan,” terang AKP Sukadana. Mengingat kecelakaan melibatkan tamu asing, dipastikan biaya akan ditanggung perusahaan rent car yang mengantarnya. AKP Sukadana mengimbau warga untuk menghentikan kendaraannya dan beristirahat jika mengantuk. *ode

Komentar