nusabali

Puskesmas Jembrana II Dinilai Tim Pusat

  • www.nusabali.com-puskesmas-jembrana-ii-dinilai-tim-pusat

Tim penilai dari Kementerian Kesehatan RI dipimpin Kepala Seksi Penunjang Pelayanan Kesehatan Klinik Direktorat Yankes Primer Kemenkes RI, dr Ernawati Oktavia menilai Puskesmas Jembrana II di Desa Yehkuning, Kecamatan Jembrana, Senin (18/9). 

NEGARA, NusaBali
Rombongan tim penilai dari pusat ke Puskemas Jembrana II atau Puskesmas Rawat Inap Yehkuning ini diterima Asisten III Setda Jembrana I Nengah Ledang bersama Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Jembrana Ny Ani Kembang Hartawan serta Kepala Puskesmas Jembrana II, dr Tri Oktin Winda Daniati. 

Ketua tim penilai pusat, dr Ernawati Oktavia mengatakan kegiatan verifikasi yang dilakukannya merupakan kegiatan tahap ke empat dari seluruh rangkaian penilaian FKTP berprestasi tingkat nasional. Menurutnya, untuk tahun 2017 ini, ada 52 puskesmas (22 puskesmas kawasan perkotaan, 20 kawasan pedesaan dan 10 puskesmas kawasan terpencil) serta 13 Klinik Pratama dari 24 provinsi yang berpartisipasi mengusulkan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) terbaiknya. Nantinya akan dipilih masing-masing tiga pemenang untuk setiap kategori sesuai kawasannya yakni puskesmas perkotaan, pedesaan, dan terpencil serta Klinik Pratama. “Dalam penilaian ini kami menyertakan tim dari lintas program. Tim ini akan bekerja sesuai instrumen yang telah disebarkan  dan ini akan bekerja maksimal sampai 3 hari kedepan,” tegasnya.

Asisten III Setda Jembrana I Nengah Ledang mewakili Bupati Jembrana mengatakan untuk memenuhi standar pelayanan kesehatan yang berkualitas di era kesehatan nasional serta menjaminkan keselamatan pasien, delapan puskesmas di Jembrana telah lolos akreditasi pada tahun 2016. Enam puskesmas di antranya mendapat Akreditasi Madya dan dua puskesmas masuk Akreditasi Utama yakni Rawat Inap Yeh Kuning dan Puskesmas Rawat Inap Pekutatan.

Pada tahun 2017 ini juga telah dilakukan survey akreditasi untuk Puskesmas Rawat Inap Gilimanuk dan Puskesmas Mendoyo. Ditambahkan, tahun 2017 ini dari empat kategori tenaga kesehatan teladan yang diajukan Kabupaten Jembrana untuk penilaian lomba tenaga kesehatan teladan tingkat Propinsi Bali Jembrana memberikan hasil yang membanggakan. “Kepala Puskesmas Rawat Inap Yehkuning, dokter Tri Oktin Winda Daniati sebagai dokter teladan dengan inovasi pendekatan keluarga berbasis Web. Sementara I Gusti Ngurah Yuliartana AMd Kep, perawat fungsional Puskesmas Rawat Inap Mendoyo dengan inovasi program Posyandu Mantap Jiwa dan Atma Raksa Paripurna,” paparnya. *ode

Komentar