nusabali

Susruta Berharap Penertiban Tidak Tebang Pilih

  • www.nusabali.com-susruta-berharap-penertiban-tidak-tebang-pilih

Belakangan ini, Pemkot Denpasar melalui Satpol PP gencar melaksanakan penertiban bagi bangunan yang melanggar atau tidak mengantongi izin.

DENPASAR, NusaBali

Yang terakhir proyek perumahan yang belum kantongi Izin Mendirikan Bangunan (IMB) di Sesetan dihentikan sementara pembangunannya.

Penertiban dari Satpol PP itu pun mendapat sorotan dari anggota Komisi III DPRD Kota Denpasar, AA Susruta Ngurah Putra. Menurutnya, penertiban yang dilakukan Satpol PP masih bersifat tebang pilih, lantaran masih ada beberapa bangunan yang belum mengantongi IMB tapi tetap diizinkan beroperasi.

Menurut politisi asal Puri Gerenceng, Denpasar ini seperti proyek perumahan di Jalan Gurita IV Gang Udang, Sesetan, itu terkesan dibesar-besarkan karena proyek tersebut sebenarnya berpeluang besar mendapatkan IMB. “Nah di sini kok justru yang berpeluang mendapat IMB dilakukan penertiban yang terkesan dibesar-besarkan,” ujarnya, mengkritisi.

Sementara, lanjut dia, di beberapa sudut Kota Denpasar masih banyak bangunan yang sama sekali belum mengantongi IMB. Bahkan beberapa ada yang berdiri di tanah yang tergolong non persil. Jadi berdasarkan aturan tentu tanah yang tergolong non persil sangat tidak mungkin dikeluarkan IMB-nya. “Nah yang kondisinya seperti itu justru tidak ditindak, jangankan untuk ditertibkan, dicek saja bahkan tidak pernah, apalagi itu nantinya untuk kepentingan perseorangan atau golongan, kalau untuk kepentingan pemerintah ya mungkin tidak ada masalah,” ujarnya.

Susruta berharap Pemkot Denpasar tidak tebang pilih dalam menegakkan aturan yang ada. Hal ini justru akan menjadi bumerang dalam penegakan perda di Kota Denpasar. “Karena jika salah satu pemilik bangunan melihat kondisi yang demikian (banyak bangunan yang tak kantongi IMB) justru dibiarkan tetap berjalan, maka yang lain pasti akan ikutan,” ujarnya.

Sementara, Plt Kasatpol PP Kota Denpasar IB Alit Wiradana, belum bisa dikonfirmasi. Saat dihubungi via ponselnya beberapa kali, Minggu (18/9), namun tidak ada jawaban. *cr63

Komentar