nusabali

Desa Wisata Harus Unik

  • www.nusabali.com-desa-wisata-harus-unik

Pembina Yayasan Wisnu Made Suarnata mengatakan setiap desa wisata seharusnya memiliki dan menampilkan keunikan masing-masing sehingga dapat menarik kunjungan wisatawan.

DENPASAR, NusaBali
"Kalau mendeklarasikan diri sebagai destinasi wisata, apakah desa memiliki keunikan sendiri dan mampu melihat sebagai kepemilikan yang harus dibagikan kepada pihak-pihak yang tertarik," kata Suarnata yang juga pendiri Yayasan Wisnu itu, di Denpasar, Selasa (12/9).

Menurut Suartana,  desa wisata memiliki pengembangan elemen yang sangat kompleks. Elemen itu menyangkut ruang, orang, keahlian, koneksitasnya, kapasitas yang dibutuhkan, hingga tamu yang akan disasar, dan sebagainya.

Desa wisata, semestinya harus mampu menampilkan kelebihan dan manfaatnya, tidak hanya bagi wisatawan, tetapi juga untuk masyarakat di dalamnya. Dengan demikian, desa wisata akan bisa pula menjadi tarikan dan inspirasi bagi daerah di sekitarnya.

Yayasan Wisnu sendiri, kata Suarnata, selama ini bergerak dalam bidang pemberdayaan masyarakat, pengembangan desa wisata dan membangun kewirausahaan sosial di desa. *ant

Komentar