nusabali

8 Tips Mencegah Mabuk Saat Perjalanan Wisata

  • www.nusabali.com-8-tips-mencegah-mabuk-saat-perjalanan-wisata

Berwisata merupakan salah satu aktivitas paling menyenangkan. Apalagi kalau pergi bersama orang-orang terkasih.

Tentu Anda tidak ingin menyia-nyiakan momen itu dengan mengunjungi destinasi menarik. Misalnya, menyambangi Yogyakarta yang sarat tradisi, budaya, keragaman penduduk, serta memiliki keindahan alam bak surga.

Untuk menuju Yogyakarta, bisa menempuh jalur darat maupun udara dengan berbagai model transportasi. Paling nyaman dan hemat biaya jika menggunakan kereta api Jogja. Namun, kenyamanan tersebut akan terusik saat dilanda perasaan mual, ingin muntah, serta pusing. Inilah yang disebut mabuk perjalanan. Tentu tidak ingin hal ini terjadi pada Anda, bukan?

Berikut ini ada 8 tips mencegah mabuk ketika perjalanan. Dengan demikian, Anda tak perlu khawatir diserang gejalanya saat di dalam kereta api :

1. Tidak Berlebihan Mengonsumsi Makanan

Makanan

Sebelum bepergian, Anda harus makan. Namun, jumlah makanan yang dikonsumsi tidak boleh berlebihan. Pasalnya, lambung membutuhkan ruang kosong untuk tempat udara. Jika terlalu padat, kinerja organ tersebut akan terganggu. Apalagi terkena guncangan selama perjalanan. Kalau hal itu terjadi, perut pasti terasa mual. Dampak yang lebih serius adalah timbul rasa panas di dada dan peningkatan asam lambung. Selain membatasi makan, Anda juga harus menghindari santapan berbumbu pedas, mengandung minyak, lemak, dan terlalu asin. Jenis makanan tersebut bisa memicu perasaan tidak nyaman pada perut.

2. Atur AC dalam Kendaraan

AC Kendaraan

Salah satu penyebab utama mabuk perjalanan adalah hembusan udara AC. Mesin pendingin ini kerap kali menimbulkan sesak di dada, sakit kepala, hingga mual. Untuk mengurangi dampak negatifnya, naikkan suhu. Sebagai contoh, Anda tidak tahan dengan AC bersuhu 20 oC. Berarti, harus ditingkatkan menjadi 23-24 oC. Mengatur AC bisa dilakukan jika naik mobil pribadi, bus, atau pesawat, sedangkan AC di kereta api hanya memiliki satu kendali. Namun, perjalanan menggunakan moda ini lebih hemat, praktis, dan mudah. Pasalnya, tiket kereta api dapat dibeli dengan berbagai cara, seperti melalui Traveloka.

3. Duduk di Dekat Jendela

Duduk Dekat Jendela

Duduk di dekat jendela akan mengalihkan perhatian Anda. Mungkin, semula anda berfokus pada rasa mual di perut. Namun, dengan memandang ke luar jendela, pikiran menjadi segar. Pasalnya, saat melihat hal yang menarik, otak mendorong organ tubuh untuk menyeimbangkan fungsinya. Selain itu, pandangan jauh bisa menghindarkan dari gejala pusing atau sakit kepala. Untuk mendapatkan tempat duduk di dekat jendela, Anda harus membeli tiket keretalebih awal. Misalnya, dengan reservasi tiket kereta api tujuan Jogja di Traveloka 2-3 hari sebelum bepergian. Mudah, kan?

4.    Hindari Membaca atau Main Gadget 

Bermain Smartphone

Saat membaca buku atau bermain smartphone, otot mata akan bekerja. Apalagi jika jarak antara indra penglihatan dan objek terlalu dekat. Saraf tertentu pasti terasa tegang dan lelah. Jika kegiatan itu dilakukan selama perjalanan jauh, bisa mengakibatkan gejala mabuk, kepala terasa pusing, perut mual, bahkan sampai muntah. Kalau sudah begini, liburan jadi kurang asyik, bukan?


SELANJUTNYA . . .

Komentar