nusabali

Belasan Yacht Mulai Bersandar di Lovina

  • www.nusabali.com-belasan-yacht-mulai-bersandar-di-lovina

Belasan kapal yacht mulai bersandar di perairan Lovina, Desa Kalibukbuk, Kecamatan/Kabupaten Buleleng jelang pelaksanaan Festival Lovina yang akan dilangsungkan pada 14-18 September mendatang.

SINGARAJA, NusaBali
Bahkan kapal yacht dari berbagai belahan dunia ini sudah mulai bersandar sejak dua hari yang lalu, mendahului jadwal awal dari Wonderfull Sail 2 Indonesia.

Menurut Kepala Dinas Pariwisata Buleleng Nyoman Sutrisna, Minggu (10/9) mengatakan, sesuai jadwal, kapal yacht akan sampai di Lovina mulai tanggal 9-22 September mendatang. Namun ada beberapa kapal yang tiba mendahului rombongan dan sampai sejak Jumat (8/9) lalu. Dalam Sail Indonesia tahun ini akan diikuti oleh 87 kapal asing yang berasal dari 10 negara di Dunia. “Kebanyakan mereka datang dari Amerika, Australia dan sebagian negara di Eropa,” ujar dia.

Kurang lebih selama sepekan, turis mancanegara ini akan melangsungkan liburannya di Buleleng. Mengunjungi beberapa objek wisata yang ada di Buleleng yang masih dominan menonjolkan wisata alam. Dari jumlah kapal yacht yang akan bersandar sebagian dari mereka sudah memutuskan untuk mengunjungi desa wisata Sudaji untuk melakukan tracking maupun aktivitas pertanian yang selama ini ditawarkan.

Untuk menyambut kedatangan mereka, Buleleng juga sudah menyiapkan event tahunan, Lovina Festival yang akan menampilkan seni dan budaya khas Buleleng. Ia mengatakan, untuk pelaksanaan Festival Lovina tahun ini, akan memberikan suguhan yang merupakan kesenian dan budaya khas. Seperti parade sampi gerumbungan yang mempertontonkan keindahan gerak dan langkah kaki sepasang sapi, megangsing, salah satu pelestarian permainan tradisional, dan sejumlah kesenian lainnya. Selain juga pertunjukkan modern dan beberapa stand kuliner dan wirausaha. Sementara itu, ia mengatakan, pelaksanaan Festival Lovina tahun ini, masih didukung oleh sembilan desa penyangga. Empat desa penyangga di antaranya sudah mempersiapkan beberapa atraksi yang akan memanjakan mata wisatawan dalam parade budaya. Termasuk parade budaya yang melibatkan tamu asing yang menginap di sekitar Lovina.

Ia pun berharap, dengan adanya Sail Indonesia dan Festival Lovina, dapat memberikan kontribusi terhadap perkembangan pariwisata Buleleng yang sudah menunjukkan peningkatan. Sehingga ke depannya dapat berpengaruh terhadap perekonomian dan kesejahteraan masyarakat Buleleng. *k23

Komentar