nusabali

LKP Siapkan Tenaga Kerja

  • www.nusabali.com-lkp-siapkan-tenaga-kerja

Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Buleleng, mendorong keberadaan Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) di daerah itu guna menyiapkan generasi muda siap kerja.

SINGARAJA, NusaBali
Kepala Disdikpora Buleleng, Gede Suyasa,  mengatakan, hampir setiap tahun instruktur dari pendidikan kemasyarakan (dikmas) memperoleh juara di tingkat nasional.

Ia mengatakan, pada tahun lalu, saat di Kota Palu juga mendapat juara nasional. sedangkan tahun ini, pihak provinsi yang menunjuk dan mengirim langsung sehingga mendapatkan hasil yang bagus. "Peserta dari Kabupaten Buleleng ini ditunjuk langsung oleh Provinsi. Berbeda dengan tahun sebelumnya yang harus melalui seleksi," jelasnya.

Dengan prestasi ini, ke depan dirinya berharap instruktur-instruktur yang ada di LKP memiliki kualitas tingkat nasional agar hasil dari kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh LKP juga akan meningkat. Adapun kecakapan hidup dan keterampilan dari peserta LKP juga diharapkan meningkat dengan instruktur yang berkualitas jenjang nasional.

"Kami berharap dengan adanya prestasi ini mendorong instruktur lainnya untuk meningkatkan diri agar lulusan LKP bisa lebih berkualitas," harap Suyasa.Mengenai program Disdikpora terhadap dikmas ini, Suyasa mengungkapkan Disdikpora terus mendorong agar LKP ini memiliki agenda kegiatan dan meningkatkan mutunya.

Setiap tahun, Disdikpora juga membantu LKP-LKP untuk mendapatkan hibah penyelenggaraan pelatihan-pelatihan singkat ataupun LKP yang ditunjuk sebagai Tempat Uji Kompetensi (TUK). "Kami juga memproses dan membantu LPK-LPK ini untuk mendapatkan dana hibah dalam rangka penyelenggaraan pelatihan ataupun uji kompetensi," ungkapnya. *ant

Komentar