nusabali

Undiksha Dorong Perbanyak Ruang Baca

  • www.nusabali.com-undiksha-dorong-perbanyak-ruang-baca

Unversitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Singaraja, mendorong pemerintah daerah setempat memperbanyak ruang membaca untuk memberikan akses kepada mahasiswa perguruan tinggi di daerah itu.

SINGARAJA, NusaBali
"Peran perpustakaan harus dimaksimalkan dengan baik, apalagi Kota Singaraja dikenal sebagai kota pendidikan," kata Rektor Undiksha, I Nyoman Jampel.

Ia mengatakan, keberadaan puluhan ribu mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Singaraja hendaknya menjadi perhatian lebih dari Pemkab Buleleng. Beberapa lokasi dan ruang terbuka hendaknya dilengkapi perpustakaan dan ruang baca yang memadai. Jampel juga mengungkapkan, dengan keberadaan perpustakaan juga mendukung program pemerintah pusat guna meningkatkan literasi di kalangan generasi muda dan masyarakat pada umumnya.

"Memang sangat diperlukan ruang baca bagi anak muda. Mereka pasti akan berkutat dengan tugas dan akan membutuhkan ruang diskusi dan belajar bersama," kata dia.

Dikatakan pula, beberapa lokasi ruang terbuka hijau dapat dimanfaatkan sebagai lokasi baca bagi anak muda. Dengan dilengkapi fasilitas tempat duduk yang nyaman dan juga aman. "Identitas Kota Singaraja sebagai kota pendidikan juga akan terangkat dengan keberadaan ruang baca itu. Saya yakin akan banyak mahasiswa yang akan memanfaatkan (ruang baca)," terang Jampel. 

Sementara itu, Kota Singaraja tercatat memiliki beberapa ruang terbuka hijau baik yang sudah rampung pembangunannya maupun sedang dalam proses. Beberapa ruang terbuka hijau tersebut seperti Taman Kota Singaraja, Taman Kebangsaan, RTH Sukasada, RTH Banyuasri (sedang tahap pembangunan). *ant

Komentar