nusabali

Wayne Rooney Tembus 200 Gol di Liga Inggris

  • www.nusabali.com-wayne-rooney-tembus-200-gol-di-liga-inggris

Wayne Rooney mengikuti jejak Alan Shearer sebagai pemain yang bisa mencetak 200 gol di Premier League - kasta teratas Liga Inggris.

MANCHESTER, NusaBali
Hal itu dilakukannya pada pertandingan Manchester City vs Everton, Selasa (22/8) dinihari Wita.  Pada pertandingan di Stadion Etihad itu, Rooney membawa Everton unggul pada babak pertama. Namun, Manchester City bisa mengakhiri laga dengan skor imbang 1-1 setelah Raheem Sterling menjebol gawang Jordan Pickford. 

Khusus Rooney, gol tersebut tercipta seusai memanfaatkan umpan mendatar dari Dominic Calvert-Lewin di menit ke-35. Gol tersebut lahir dari satu-satunya tembakan tepat yang dimiliki Everton sepanjang babak pertama.  Selain itu, gol tersebut merupakan yang 200 dalam karier pria asal kota Liverpool tersebut di Liga Inggris. Catatan tersebut spesial, mengingat sejauh ini hanya Rooney dan Alan Shearer mencapai angka tersebut.

Adapun Shearer telah menorehkan 260 gol dari 441 laga, sedangkan Rooney 200 gol dari 462 laga. Sementara itu, gol tersebut merupakan yang ke-12 ke gawang Manchester City bagi Rooney di semua ajang. "Tentu saja menyenangkan. Apalagi, ini adalah laga penting bagi kami," kata Rooney kepada BBC saat ditanya soal penciptaan rekor golnya.   "Mengingat akan ada jadwal padat, momen ini dirasa begitu indah. Saya yakin, setengah Kota Manchester akan menyukainya," kata mantan kapten Manchester United itu. 

Bukan sekali ini saja penyerang berusia 32 tahun ini menorehkan rekor. Di usia 16 tahun, Rooney mencetak gol debut bagi Everton dan sempat menjadi pencetak gol termuda sepanjang sejarah Liga Inggris. Gol tersebut tercipta saat Everton menumbangkan Arsenal 2-1 pada 19 Oktober 2002.

Rooney  juga  berbicara soal potensi kembali memperkuat tim nasional Inggris setelah tampil impresif di dua pertandingan pertama Liga Inggris bersama Everton. Kini, ia mengungkapkan akan melakukan pertemuan dengan pelatih timnas Inggris Gareth Southgate guna membicarakan masa depannya di pentas internasional. "Lihat saja nanti. Saya fokus ke Everton," ucap Rooney. "Saya yakin akan berbicara dengan Gareth Southgate dalam beberapa pekan ke depan dan lihat apa yang terjadi," katanya.

Rooney tidak masuk dalam skuad berjulukan The Three Lions itu di lima pertandingan terakhir, baik di laga persahabatan maupun Kualifikasi Piala Dunia 2018 Zona Eropa. Namun, performa impresifnya awal musim ini membuatnya berpeluang kembali mengenakan seragam dan ban kapten timnas Inggris di dua laga terdekat.

Inggris akan melawan Malta pada 2 September 2017 dan Slowakia pada 5 September 2017 di ajang Kualifikasi Piala Dunia 2018.*

Komentar