nusabali

Merah-Putih Berkibar di Puncak Elbrus

  • www.nusabali.com-merah-putih-berkibar-di-puncak-elbrus

Saat peringatan hari kemerdekaan Indonesia ke-72 pada 17 Agustus 2017, Merah-Putih juga berkibar di sejumlah tempat di luar Indonesia.

JAKARTA, NusaBali
Salah satunya di puncak tertinggi Eropa. Berdasarkan informasi yang diperoleh detik, Senin (21/8), adalah kelompok pencinta alam dari Kampus PKN STAN, yakni Stapala, yang mencapai puncak Gunung Elbrus setinggi 5.642 mdpl.
 
Rombongan tiba di Rusia pada 10 Agustus 2017. Waktu lima hari dipakai untuk penyesuaian tubuh dengan ketinggian (aklimatisasi). Penyesuaian yang dilakukan berupa pendakian ke pegunungan Cheget (hingga 3.300 mdpl) dan Gunung Elbrus (hingga 4.700 mdpl).
 
Sepanjang aklimatisasi ini, cuaca buruk kerap membuat cemas. Langit cerah di pagi hari tiba-tiba berubah menjadi gelap dan badai pada siang harinya. Tim telah mempersiapkan pendakian sejak Januari 2017.
 
Tanggal 17 Agustus dini hari sekitar pukul 01.00 WIB, tim mulai mendaki menuju puncak Elbrus. Cuaca cukup cerah mengiringi pendakian melalui jalur selatan. Setelah berjalan selama 7 jam terus-menerus, sebagian anggota tim tidak dapat meneruskan pendakian karena kelelahan.
 
Tinggal 5 pendaki yang meneruskan pendakian ke puncak Gunung Elbrus. Dengan semangat tinggi dan motivasi besar memberi kado pada ulang kemerdekaan RI, rombongan akhirnya dapat mencapai puncak sekitar pukul 11.00 waktu setempat. Rombongan akan tiba di Tanah Air pada 25 Agustus 2017. *

Komentar