nusabali

Pasraman Sahabat Serase Gemakan Tri Hita Karana

  • www.nusabali.com-pasraman-sahabat-serase-gemakan-tri-hita-karana

Pasraman Sahabat Serase – Tegal Budaya Nang Oman di Desa Pakraman Serason, Desa Pitra, Kecamatan Penebel, Tabanan menggelar aneka kegiatan seni budaya setiap hari besar keagamaan Hindu dan hari-hari besar nasional.

TABANAN, NusaBali
Pada Kamis (17/8), anak-anak pasraman menggelar upacara bendera dan makan bersama dari olahan kebun sendiri. Dalam setiap acara, mereka selalu menggemakan Tri Hita Karana.

Ketua Pasraman Sahabat Serase, Nyoman Mastra mengatakan, jelang peringatan HUT ke-72 RI, anak-anak pasraman menggelar kegiatan bernapaskan Tri Hita Karana. Di bidang palemahan, mereka menggelar kebersihan lingkungan, defile keliling desa dengan yel-yel ‘Kami Pancasila Kami Indonesia’. “Lomba yang kami gelar yakni lomba baca puisi dan pidato kepahlawanan dengan bahasa Bali, lomba ngulat tipat, ngulat klatkat, dan lomba tangkap belut,” ungkap Mastra, Minggu (20/7). Mereka juga menata telajakan dan penanaman pohon upakara serta menebar bibit ikan di saluran air subak.

Di bidang pawongan, Pasraman Sahabat Serase menyerukan ajakan gemar memelihara serta makan ikan. Sebab ikan kaya protein yang diperlukan manusia. Puncaknya, mereka menggelar upacara pengibaran bendera putih dilanjutkan dengan penyerahaan hadiah kepada pemenang lomba dan penghargaan kepada siswa berprestasi. Acara diakhiri dengan menikmati hidangan ringan hasil olahan dari bahan setempat. Sebelumnya, mereka menggelar doa dan mabanten saiban sebagai bentuk implentasi parahyangan. 

Menu yang disajikan dan dinikmati bersama-sama yakni nasi dari beras organik produksi Subak Ganggangan, jukut don jelengot, pesan telengis, sambel bongkot, jukut nangka muda dan daun ketela pohon, dab kripik lindung(belut). “Anak-anak juga buat sambel gedeblag, minuman teh beras merah organik. Menu sederhana namun nikmat dari dari kebun sendiri,” ungkap Mastra. Menurut pria yang akrab disapa Nang Oman ini, ia berusaha membumikan spirit gotong royong memaknai spirit perjuangan. *k21

Komentar