nusabali

KA Tergelincir di India, 23 Orang Tewas

  • www.nusabali.com-ka-tergelincir-di-india-23-orang-tewas

Kecelakaan kereta api terjadi di India dan menewaskan 23 orang penumpang serta puluhan lainnya mengalami luka-luka.

NEW DELHI, NusaBali
Pemerintah India kini tengah menginvestigasi kecelakaan tersebut. Peristiwa itu terjadi pada Sabtu (19/8). Lokasi kecelakaan berada di 130 Km sebelah utara New Delhi tepatnya di wilayah Uttar Pradesh. Sebanyak 13 gerbong kereta mendadak keluar dari lajur rel. Kecelakaan mengerikan pun terjadi.

Dilansir detik dari Reuters, juru bicara departemen kereta api bagian India Utara, Neeraj Sharma menyatakan penyebab pasti dari kecelakaan ini belum diketahui. Tim investigasi masih melakukan penelusuran.

Kantor berita Perancis, AFP, melaporkan, tim penyelamat harus memotong besi gerbong dan menggunakan derek untuk mengevakuasi korban dan memindahkan gerbong yang rusak.

"Sejumlah orang telah dievakuasi dengan aman dari gerbong-gerbong yang ada. Beberapa mayat juga telah ditemukan," kata petugas kebakaran dan darurat, Naresh Kumar.

Kereta tersebut telah meninggalkan kota Puri timur pada hari Kamis malam dan dijadwalkan tiba di kota suci Hindu, Utara Haridwar, pada Minggu (20/8).
 
Kecelakaan tersebut merupakan bencana terbaru yang melanda Uttar Pradesh, negara bagian yang paling padat penduduknya di India. Musibah itu muncul setelah setidaknya 100 anak meninggal di sebuah rumah sakit di negara bagian yang sama.
 
Perdana Menteri Narendra Modi seperti dilansir kompas berkicau di Twitter untul mengungkapkan simpatinya kepada keluarga korban dan mengupayakan berbagai bantuan.
 
Jaringan kereta api India masih merupakan moda transportasi darat berbasis rel yang amat penting untuk menjangkau negara yang luas tersebut. Namun, kecelakaan mematikan sering terjadi.
 
Kurang dari setahun yang lalu, 146 orang tewas dalam bencana serupa di Uttar Pradesh. Pada Januari lalu, hampir 40 orang terbunuh saat delapan gerbong tergelincir di kawasan hutan Andra Pradesh  bagian selatan.
 
Pemerintah Modi telah berjanji untuk menginvestasikan  137 miliar dollar selama lima tahun untuk memodernisasi rel kereta api yang sudah tua  agar menjadikannya lebih aman, lebih cepat dan lebih efisien. *

Komentar