nusabali

SMAN 1 Singaraja Peringkat 10 ‘LCC 4 Pilar MPR’

  • www.nusabali.com-sman-1-singaraja-peringkat-10-lcc-4-pilar-mpr

Perwakilan Bali dalam Lomba Cerdas Cermat (LCC) 4 Pilar MPR RI, SMAN 1 Singaraja, Buleleng berada di peringkat 10 besar dari 34 sekolah.

JAKARTA, NusaBali
Langkah mereka terhenti di semifinal sesi enam. Atas hasil tersebut, guru pendamping Ni Nyoman Dapa mengaku tak kecewa. "Karena anak-anak sudah berjuang keras dan lawan-lawan mereka memang luar biasa," ujar Dapa kepada NusaBali di Gedung Nusantara IV, Kompleks Parlemen, Jumat (28/8). 

Di babak semifinal SMAN 1 Singaraja bersaing dengan SMAN Pontang (Banten) dan SMAN 3 Tenggarong (Kalimantan Timur). Hasilnya mereka mendapat nilai 181. Sementara SMAN Pontang meraih nilai 156 dan SMAN 3 Tenggarong memperoleh nilai 217. 

Dari enam babak semifinal diambil sembilan tim terbaik. Sayang SMAN 1 Singaraja tidak tembus sembilan besar. Posisi mereka di peringkat 10.

"Kami hanya selisih 10 poin dengan peringkat sembilan," imbuh Dapa. Meski tak masuk final, tim SMAN 1 Singaraja setidaknya masih bisa meraih gelar yel terbaik di babak penyisihan dan semifinal. Yel mereka kombinasikan dengan kesenian Bali. Dimana ada nuansa cak, genjek serta permainan suling.

Saat tampil mereka menggunakan seragam sekolah yang ditambahkan selendang. Pemenang LCC 4 Pilar MPR RI sendiri diraih SMAN 3 Tenggarong (Kaltim) dengan poin 206. Di grand final mereka mengalahkan SMAN 3 Poliwali (Sulawesi Barat) yang mendapat nilai 190 dan  SMAN 1 Pemalang (Jawa Tengah) dengan point 174. 

Yel terbaik di grand final diraih SMAN Polewali dengan skor 77,22. Babak grand final dihadiri Wakil Presiden Jusuf Kalla. Disaksikan langsung Ketua MPR RI Zulkifli Hasan dan Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid, Mahyudin, EE Mangindaan serta Oesman Sapta Odang. Mereka juga sempat memberikan pertanyaan kepada peserta.

Plus memberikan hadiah kepada juara 1, 2 dan 3. Selain mengikuti LCC 4 Pilar MPR RI perwakilan sekolah dari 34 provinsi ini mendapat kesempatan keliling Jakarta dan Bogor. Mereka rekreasi ke Dunia Fantasi Ancol (Jakarta Utara) usai menyaksikan sidang bersama MPR/DPR/DPD RI pada 16 Agustus dan Taman Buah Mekar Sari, Bogor pada 15 Agustus.

Bagi yang tidak berlomba pada 17 Agustus mendapat kesempatan menghadiri Detik-detik Proklamasi di Istana Merdeka. SMAN 1 Singaraja mengirimkan tiga wakil dan pendampingnya. "Saya dan tiga pelajar SMAN 1 Singaraja serta perwakilan dari sekolah lainnya kesana," imbuh Dapa. Berdasarkan rencana, mereka pulang ke Bali Sabtu (19/8) ini. *k22

Komentar