nusabali

Aba–aba Belum Dimulai, Kerupuk Sudah Dimakan

  • www.nusabali.com-aba-aba-belum-dimulai-kerupuk-sudah-dimakan

Para penyandang gangguan jiwa/orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) yang sedang dirawat di RSJP Bali turut memeriahkan HUT ke-72 RI.

Pasien ODGJ Ikuti Lomba Meriahkan HUT RI

BANGLI, NusaBali
Pasien ODGJ mengikuti sejumlah lomba yang dipusatkan di aula RSJP Bali, di Kelurahan Kawan, Kecamatan/Kabupaten Bangli, Jumat (18/8).

Pasien ODGJ yang berpartisipasi ada sekitar 150-an orang. Mereka yang dipilih adalah yang sudah mendapatkan rehabilitasi psikososial. Selain itu, pemilihan peserta lomba juga mereka yang sudah sering dikunjungi keluarganya.

Lomba yang digelar adalah menganyam daun kelapa, memindahkan belut ke ember, senam cuci tangan, serta lomba makan kerupuk, yang diikuti pasien ODGJ perwakilan dari masing-masing ruangan.

Pada lomba makan kerupuk, peserta terdiri dari delapan orang. Mereka berjejer di depan kerupuk yang sudah disiapkan panitia. Gelak tawa pecah sebelum lomba dimulai, lantaran belum selesai panitia lomba memberikan aba-aba dimulainya lomba, para peserta mendahului memakan kerupuk tersebut. 

Para peserta pun tampak bersemangat agar bisa menghabiskan kerupuk di depannya. Bahkan beberapa peserta yang tidak sabar karena kerupuknya tidak kunjung didapat, akhirnya menggunakan tangannya agar bisa mendapat kerupuk. Bahkan ketika lomba sudah selesai beberapa peserta masih tampak asyik menikmati kerupuknya

Direktur RSJP Bali Gede Bagus Darmayasa, mengatakan lomba ini merupakan acara rutin yang digelar setiap tahun untuk memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia. Biasanya, acaranya diadakan menjelang atau setelah 17 Agustus. “Untuk tahun ini, dipilih hari Jumat karena jam kerja tidak begitu padat,” ujarnya.

Wakil Direktur Pelayanan RSJP Bali I Dewa Gde Basudewa, menambahkan kegiatan ini merupakan upaya pemberdayaan kembali pasien dengan gangguan jiwa sebelum kembali ke masyarakat. Peserta yang berpartisipasi dalam lomba ini adalah mereka yang kondisi kejiwaannya dinilai lebih tenang dan terkontrol setelah mendapatkan rehabilitasi psikososial. *e

Komentar