nusabali

Gelar Sepeda Gembira Hingga Balap Karung

  • www.nusabali.com-gelar-sepeda-gembira-hingga-balap-karung

Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) untuk Belanda bersama para warga Indonesia yang tinggal di Den Haag dan sekitarnya mengadakan acara Sepeda Gembira dan Permainan Rakyat untuk warga dan murid-murid Indonesia di Sekolah Indonesia Nederland (SIN) pada Minggu tanggal 13 Agustus 2017.

Peringatan HUT Kemerdekaan RI di Den Haag

DEN HAAG,NusaBali
Kegiatan ini merupakan salah satu dari beberapa rangkaian kegiatan dalam menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdakaan Indonesia Ke-72.
 
Acara yang dimulai pada pukul 10.00 diawali dengan sambutan dari Duta Besar Indonesia untuk Kerajaan Belanda, I Gusti Agung Wesaka Puja. Selanjutnya sekitar 150 peserta baik dewasa maupun anak-anak melaju santai dengan sepeda masing-masing ataupun berboncengan dalam kelompok-kelompok dengan rute dimulai dari titik SIN di Wassenaar lalu ke Mariahoeve dilanjutkan ke Leidschendam dan berakhir di titik awal yaitu di Wassenaar dengan jarak sekitar 16 kilometer.
 
Di sepanjang perjalanan para peserta Sepeda Gembira bercanda gurau dan sesekali bernyanyi bersama. Seorang peserta berketurunan Belanda membawa alat transportasi beroda lainnya seperti sepeda yaitu becak.  Becak tersebut terlihat sangat mencolok diantara sepeda-sepeda pada umumnya.
 
Setelah sekitar satu setengah jam lebih akhirnya para peserta mulai sampai di titik akhir yaitu kembali ke Wassenaar. Para peserta kemudian menikmati hidangan kecil seperti ketan serundeng, kue lapis, serta minuman khas Sulawesi Utara yaitu es kacang merah. Adajuga hidangan pembuka, yaitu Soto Mie dan ikan Makarel bakar serta sosis bakar dilengkapi dengan nasi dan sayuran. Dengan semangat para peserta menyantap dan menikmati seluruh hidangan yang disediakan.
 
Setelah santap siang, acara dilanjutkan dengan lomba dan permainan yang disiapkan oleh panitia yakni lomba Egrang, balap karung, makan kerupuk, kipas balon, twister, tarik tambang, lari tali, lari bakiak, dan lomba pidato. Lomba tersebut tidak hanya ditujukan untuk anak kecil namun juga untuk para orang dewasa.
 
Lomba yang paling menarik perhatian adalah lomba makan kerupuk dan tarik tambang dewasa. Banyak hadiah yang diberikan untuk para pemenang lomba. Hadiah utamanya adalah sebuah sepeda. *

Komentar