nusabali

Bentur Karang, Wisman Denmark Pingsan

  • www.nusabali.com-bentur-karang-wisman-denmark-pingsan

Wisman Denmark Lars Andersel yang pingsan di perairan, dibawa ke pesisir pantai oleh temannya dan seorang pedagang. Petugas kemudian mengevakuasi ke RSUD Klungkung.

AMLAPURA, NusaBali
Wisatawan Denmark, Lars Andersel, 49, dihantam ombak dan kepalanya membentur karang saat berenang bersama istrinya, Karnia Lykk, 45, di Pantai Bias Tugel, Banjar Mimba, Desa Padangbai, Kecamatan Manggis, Karangasem, Selasa (15/8) sekitar pukul 10.00 Wita. Akibatnya, Andersel mengalami luka dan pingsan.

Nyawa Andersel terselamatkan setelah mendapatkan pertolongan rekannya yang sama-sama berenang, Steven, 29, dari Prancis. Selanjutnya Andersel dievakuasi petugas Polsek Kawasan Laut Padangbai, dan dibawa ke RSUD Klungkung.

Korban yang menginap di Hotel Nirwana, Desa Sengkidu, Kecamatan Manggis, berangkat dari penginapannya bersama istrinya, sekitar pukul 09.00 Wita. Perjalanan  sekitar 30 menit, tiba di Pantai Bias Tugel, Banjar Mimba pukul 09.30 Wita. Mulanya hanya duduk-duduk di pantai sambil menikmati panorama pantai berpasir putih, di sebuah teluk kecil.

Selanjutnya berenang sekitar 20 menit. Sekitar pukul 10.00 Wita Andersel tiba-tiba dihantam ombak setinggi sekitar 2 meter, menyebabkan tubuhnya terseret arus hingga kepalanya membentur batu karang.

Akibatnya, kepala Andersel luka terbuka 4 cm, dalam keadaan tidak sadarkan diri. Mengingat jarak dari batu karang menuju pantai terpaut sekitar 30 meter, korban yang dalam keadaan pingsan tidak bisa ke darat. Kondisinya mengapung di air.

Saat itu rekannya Steven dari Prancis, melihat korban mengapung kemudian didekatinya. Steven juga minta tolong ke salah satu pedagang di Pantai Bias Tugel, Ni Luh Switari, agar ikut membantu menarik korban ke darat.

Sedangkan istri korban Karnai Lykk, sempat panik karena korban tidak mampu bergerak. Selanjutnya Ni Luh Switari meminta tolong ke Pos 2 Padangbai. Anggota Polsek Kawasan Laut Padangbai Bripda I Ketut Wahtu, disusul Kapolsek Kawasan Laut Padangbai Kompol I Ketut Suharto Giri, bersama petugas medis Puskesmas Manggis 1, dan beberapa anggotanya datang ke lokasi kejadian. Petugas bersama warga mengevakuasi korban, kemudian diantar ke RSUD Klungkung.

Kapolsek Kompol Suharto bersyukur tidak ada ombak susulan yang besar, sehingga nyawa korban selamat. *k16

Komentar