nusabali

Badung Bertekad Perbanyak TK Bernuansa Hindu

  • www.nusabali.com-badung-bertekad-perbanyak-tk-bernuansa-hindu

Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Badung terus menggenjot program pendidikan bernuansa Hindu.

MANGUPURA, NusaBali

Sebagai langkah awal, Disdikpora telah menetapkan 12 taman kanak-kanak (TK) percontohan. Pemkab bertekad memperbanyak TK bernuansa Hindu yang tidak saja mengajarkan pendidikan karakter bagi anak-anak tapi juga budaya dan agama Hindu.

“Saat ini sudah ada 12 TK yang bernuansa Hindu. Ke-12 TK ini akan terus kami evaluasi dan kami mantapkan, sehingga ke depannya dapat bertambah lagi jumlah TK yang bernuansa Hindu di Kabupaten Badung,” kata Kepala Disdikpora Badung Ketut Widia Astika, Minggu (13/8).

Ia mengaku kendati program ini baru dicanangkan, namun perkembangannya sangat positif. Bahkan Bunda PAUD Nyonya Seniasih Giri Prasta cukup terkesan dengan perkembangan TK bernuansa Hindu di Badung. Ini terlihat saat Seniasih Giri Prasta berkunjung ke TK Pradnyandari III di Kerobokan Kaja, Kecamatan Kuta Utara.

Saat kunjungan ke TK Pradnyandari III, Seniasih Giri Prasta disambut baleganjur anak-anak dengan penarinya juga anak-anak. “Pemerintah berkomitmen membentuk pendidikan berkarakter yang bernuansa Hindu, sebagai salah satu upaya untuk membangkitkan budaya Hindu di Badung,” kata Astika yang mantan Kepala SMKN 1 Kuta Selatan.

“Nah, dalam rangka membentuk anak yang berkarakter dan berwawasan Hindu serta menanamkan nilai-nilai seni, adat, dan budaya Bali, kami menganggarkan hibah untuk menunjang biaya operasional lembaga PAUD. Anggaran yang kami siapkan sebesar Rp 2,5 miliar,” tukasnya.

Sementara Bunda PAUD Nyonya Seniasih Giri Prasta mengungkapkan kekagumannya setelah mengunjungi TK Pradnyandari III, Sabtu (12/8). “Ternyata anak-anak TK ini sudah mampu menyuguhkan tampilan baleganjur dengan bagus,” tuturnya.

“Tak kalah mencengangkan, saya juga melihat anak-anak ini sudah bisa membuat porosan, canang, dan membuat jajan Bali. Ini berarti sudah tumbuh bakat untuk meneruskan budaya Hindu,” tuturnya lagi. Seniasih Giri Prasta pun berharap sekolah-sekolah bernafaskan Hindu terus diperbanyak di Gumi Keris, sehingga dengan begitu generasi muda sudah dapat mempelajari seni dan budaya Hindu sejak dini.

TK bernuasan Hindu di Badung, yakni, TK Hindu Darma Sastra, TK Prawidia Dharma Kumara, TK Budhi Kumara, TK Pradnyandari III, TK Karang Kemanisan, dan TK Tri Eka Dharma Loka, TK Kumara Ngurah Rai I, PAUD Werdi Kumara I, TK Widya Kumara I, TK Dharma Kumara I Tibubeneng, TK Dharma Putra Kedonganan, serta PAUD Widya Kumara Desa Adat Kutuh. *asa

Komentar