nusabali

Buleleng Gencarkan Wisata Bahari

  • www.nusabali.com-buleleng-gencarkan-wisata-bahari

Pariwisata Buleleng terus menggeliat. Untuk  wisata bahari, Buleleng kembali menggelar lomba perahu layar yang dirangkaikan untuk menyambut HUR RI Ke-72.

Jadi Peserta, Turis Prancis Kirim Perahu dari Sanur


SINGARAJA, NusaBali
Tahun ini tercatat ada 80 peserta dari 5 Kecamatan, masing-masing 37 nelayan asal Kecamatan Buleleng, 16 nelayan asal Kecamatan Banjar, 2 nelayan Kecamatan Gerokgak, 10 nelayan dari Kecamatan Seririt, dan 15 nelayan dari Kecamatan Sawan.

Seluruh peserta dilepas oleh Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana, Kamis (10/8) pagi di Pantai Kerobokan, Desa Kerobokan, Kecamatan Sawan. Seluruh peserta mengarungi laut sejauh 10 Kilometer menuju garis finish di Pantai Binaria, Desa Kalibukbuk, Kecamatan Buleleng. Dalam lomba selain memperebutkan uang tunai juga ada hadiah hiburan berupa televisi dan hadiah hiburan lainnya.

Dari puluhan peserta, ada seorang warga asing yang ikut sebagai peserta. Bahkan bule asal Negara Prancis ini harus mendatangkan perahu secara khusus dari Sanur, Denpasar. Bule bernama Filiip, 60 telah mempersiapkan diri seminggu sebelum lomba. Nah Filiip ikut sebagai peserta mewakili Kecamatan Buleleng, bersama nelayan Kadek Budi Artana asal Kalibukbuk, Buleleng. Filiip dan Budi Artana tercatat sebagai peserta umum.

Filiip mengaku selama ini tinggal di kawasan Pantai Sanur, Denpasar. Namun karena ketertarikan dengan laut Buleleng dengan gelombang yang tenang, ia pun sering berlibur ke Buleleng. Mendengar ada lomba perahu, Filiip tertarik untuk ikut berpartisipasi. “Ombak di Buleleng kecil, dan juga tenang, jadi saya tertarik berlayar,” imbuhnya.

Filiip mengaku, perahu yang dipakai lomba didatangkan khusus dari Sanur, Denpasar. Perahu berukuran kecil untuk 2 orang, dikirim dengan truk. Selain itu, Filiip juga mengaku telah menjaga kondisi fisiknya sejak seminggu sebelum lomba. “Saya mendengar tentang lomba perahu, saya langsung membawa perahu dari sanur ke Buleleng,” ungkapnya.

Sementara Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana mengatakan, keterlibatan warga asing dalam lomba sebagai bukti kegiatan perahu layar menjadi daya tarik wisata. Bupati pun minta kedepan agar Dinas Perikanan selaku panitia bisa menjalin koordinasi dengan Dinas Pariwisata untuk pelibatan warga asing agar lebih banyak.

“Ini harus bisa dimanfaatkan oleh Dinas Perikanan untuk menambah minat wisatawan datang ke Buleleng. Nanti Dinas Periknan harus bekerjasama dengan Dinas Pariwisata untuk mempromosikan lomba ini lewat media,” katanya.

Untuk pemenang lomba perahu layar tahun ini diraih oleh Ardiansyah dan Dedy Rahmawan dari Kelompok Nelayan Sinar Bahari Desa Kaliasem Kecamatan Banjar keluar sebagai juara pertama, untuk juara kedua diraih oleh Rahmat dan Dayat dari Kelompok Nelayan Sinar Bahari Desa Kaliasem Kecamatan Banjar, untuk juara ketiga diraih oleh Hambali dan Usman dari Kelompok Nelayan Satria Samudra Kecamatan Sawan, sementara untuk juara harapan satu diraih oleh Sadikin dan Sudirja dari Kelompok Nelayan Bhineka Samudra Kecamatan Sawan, juara harapan dua diraih oleh Ramedan dan Ari Sugianto dari Kelompok Nelayan Sinar Bahari Desa Kaliasem Kecamatan Banjar, dan untuk juara harapan lima diraih oleh Suri dan Abdulah dari Kelompok Nelayan Satria Samudra Kecamatan Sawan. *k19

Komentar