nusabali

KKN PPM Unud Bantu Program Kampung KB di Pengotan, Bangli

  • www.nusabali.com-kkn-ppm-unud-bantu-program-kampung-kb-di-pengotan-bangli

MAHASISWA KKN PPM Universitas Udayana di Desa Pengotan, Kecamatan/Kabupaten Bangli, tidak hanya melaksanakan program kerja yang dirancang sebelum turun ke lapangan, namun juga membaur dan membantu kegiatan yang sedang dan akan dilangsungkan oleh masyarakat setempat

BANGLI, NusaBali
Hal tersebut tampak ketika Desa Pengotan mempersiapkan diri jelang peresmian pencanangan kampung KB di balai banjar Dusun Padpadan, Pengotan, Rabu (26/7). 

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Bangli Ir I Ketut Kayana, MM, mengatakan latar belakang lahirnya kampung KB adalah mulai surutnya program KB di era otonomi daerah, yang sebelumnya secara nasional program KB sangat menonjol.

Kampung KB adalah sebuah kelompok kegiatan yang mengambil lokus di salah satu banjar yang ada di desa. Kampung KB memegang peran strategis dalam membentuk keluarga yang berkualitas. Diharapkan setiap kecamatan satu banjar diluncurkan kampung KB. Untuk di Kecamatan Bangli dipilih Dusun Padpadan, Desa Pengotan. 

Menurut Kayana, kriteria kampung KB adalah banjar yang paling banyak penduduknya belum ber-KB, dan jumlah keluarga kurang mampu paling banyak. 

Kepala Dusun Padpadan I Nengah Rawag bersama Perbekel Pengotan I Wayan Suardana mengemukakan, Dusun Padpadan mempunyai 165 KK dengan penduduk 618 jiwa, dengan RTM lebih dari 48 KK. 

Sasaran pembentukan kampung KB adalah semua warga Desa Pengotan. Kegiatan ini terintegrasi dengan melibatkan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Bangli dalam memberikan bimbingan, pemberdayaan, dan pembinaan. Bentuk kegiatan kampung KB menyasar semua bidang, yaitu bidang KB, dan kesehatan terpadu, pendidikan, keagamaan, ekonomi-kewirausahaan, dan bidang lingkungan-sosial.

Dalam sambutanya, Wayan Suardana mengatakan, KB yang dicanangkan ini bukan sebatas dua anak putra putri sama saja dan mengenai kontrasepsi. Namun bagaimana sedari remaja sudah merencanakan keluarga sejahtera ke depannya. Selain itu, peran anak-anak muda sangat dibutuhkan dalam peresmian pencanangan kampung KB ini. Hal ini dapat mendorong anak muda khusus Desa Pengotan untuk mengaplikasikan keluarga berencana. 

Dia sangat mengapresiasi kegiatan hibah KKN PPM Unud, yang telah memprogramkan kegiatan penyuluhan kesehatan reproduksi serta perawatan payudara dan ASI eksklusif, yang akan dilaksanakan di Dusun Padpadan. *

Komentar