nusabali

FENG-SHUI : Energi Air dan Keberuntungan

  • www.nusabali.com-feng-shui-energi-air-dan-keberuntungan

Di dalam rumah, air ada dalam berbagai bentuk dan fungsi. Kolam, aquarium, air mancur, vas bunga, tempayan, teko air minum, kamar mandi, dan masih banyak lagi.

Air kamar mandi dan tempayan, sudah pasti letaknya, yaitu di kamar mandi dan di dapur. Tapi, tidak untuk aquarium, kolam, air mancur atau vas bunga. Fungsi air sebagai bagian dari dekorasi menyebabkan air mancur, kolam atau aquarium bisa berada di berbagai ruang di dalam rumah, sesuai dengan keinginan penghuninya. Karena itu, urusan dekorasi air di dalam rumah, menjadi penting di dalam Feng Shui.

Apalagi, air adalah benda alam yang dapat menambah atau mematikan energi. Oleh karena itu, meletakkan aquarium atau dekorasi air di dalam rumah sama saja dengan membangkitkan energi di salah satu sudut rumah. Sehingga, perlu mengetahui bagaimana pengaruh energi yang teraktifkan itu terhadap penghuni rumah.

Sebagai contoh, air mancur yang berada di sudut Timur laut rumah seseorang dengan Angka Kua 6, Logam. Timur Laut adalah tempat dengan energi Tanah. Maka, membuat kolam air mancur di situ, sangatlah tepat. Energi Tanah menjadi kuat. Itu, akan sangat mendukung energi Logam pemiliknya yang memiliki Angka Kua 6. Namun, sebelum memutuskan di mana meletakkan kolam di dalam rumah, sebaiknya seseorang mengetahui apakah unsur dirinya membutuhkan energi pembangkit tersebut ataukah tidak. Sebab, dalam ilmu Feng Shui, penggunaan air tidak ubahnya seperti obat atau vitamin. Obat untuk menghancurkan atau membunuh penyakit, sedangkan vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Obat memang tidak boleh terus-menerus dikonsumsi, demikian juga dengan vitamin. Begitu juga saat ingin membuat kolam di rumah, kita perlu mengetahui dampak energi air terhadap diri kita.

Apabila ingin mempunyai aquarium, jumlah Unsur Air dalam tubuh seseorang harus diperiksa terlebih dahulu. Kelebihan atau kekurangan suatu unsur bisa diketahui salah satunya dengan perhitungan ‘4 pilar kehidupan’. Berdasarkan data jam lahir, tanggal lahir, bula lahir, dan tahun lahir, dapat diketahui keseimbangan unsur yang terdapat di dalam tubuh seseorang.

Seorang pria yang banyak mempunyai Unsur Api dan kekurangan Unsur Air, biasanya memiliki emosi kemarahan yang cukup tinggi, dan kurang dapat menahan nafsu birahi. Pada wanita, unsur api yang berlebihan juga membuatnya memiliki emosi mudah marah, tidak sabar, dan lekas tersinggung. Karena itu, tipe seperti mereka berdua bagus sekali apabila memiliki aquarium. Demikian juga dengan mereka yang jumlah unsur air di dalam dirinya sedang-sedang saja. Bagi mereka yang sedang menderita penyakit ambeien, kencing batu, dan gangguan ginjal, bisa dipastikan sedang mengalami kekurangan unsur air.

Sementara itu, bagi mereka yang memiliki penyakit tekanan darah rendah, tidak cocok memiliki aquarium, air mancur atau kolam di rumahnya. Demikian juga dengan Anda yang malas atau kurang bersemangat. Penyebabnya adalah unsur air di dalam tubuh yang sudah terlalu banyak, sehingga tidak perlu ditambah lagi. Berbahayakah apabila orang tipe seperti ini memiliki aquarium? Orang yang malas dan kurang bersemangat ini akan makin malas saja. Pada pagi hari, mungkin semangatnya masih menggebu-gebu dalam melakukan pekerjaan. Namun, setelah lewat tengah hari, semangatnya menurun. Penyakit tekanan darah rendah yang berdiam di dalam diri pun akan sulit untuk membaik.

Tentu saja tidak ada yang mutlak di dunia ini. Energi bekerja berdasarkan dimensi waktu juga. Sehingga, ada orang yang memerlukan air karena perjalanan periode hidupnya sedang membutuhkan unsur penggerak tersebut. Tapi, ada pula orang yang memerlukan air dalam sepanjang perjalanan hidupnya. Menurut ilmu Feng Shui, orang tipe ini disebut sebagai ‘Ho Liu Chi’, karena di dalam dirinya terdapat 6 api. Perletakan dekorasi air di dalam rumah, seperti: aquarium atau air mancur mini sangat baik untuk menyeimbangkan energi api yang terlalu banyak. Tapi, harus diperhatikan volume air yang akan diletakkan, supaya betul-betul terjadi sebuah penyeimbangan dan pengharmonisan.

Memiliki dekorasi air tentu baik, karena kehadirannya bisa menyejukkan suasana di rumah. Hanya saja, supaya energi air tersebut bisa benar-benar memberi manfaat bagi penghuni rumah, perlu perhitungan yang cermat akan energi yang hendak diaktifkan. Pada hakikatnya energi alam bersifat netral. Semua tergantung penggunaannya. *

Komentar