nusabali

KPU Bali Siap Laksanakan Pilgub

  • www.nusabali.com-kpu-bali-siap-laksanakan-pilgub

KPU Bali menyatakan sudah siap melaksanakan Pilgub Bali 2018 serta Pileg dan Pilpres 2019.

Dewan Minta Antisipasi Sengketa Pilkada


DENPASAR, NusaBali
Khusus untuk persiapan Pilgub Bali, yang akan digelar 27 Juli 2018, sudah tak ada masalah lagi, persoalan anggaran pun telah beres.

Penegasan ini disampaikan Ketua KPU Bali Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi seusai kegiatan rapat koordinasi di Niti Mandala Denpasar, Selasa (25/7). Selain KPU Bali, kata Raka Sandi, KPU Gianyar pun sudah siap melaksanakan Pilkada Gianyar 2018. Demikian pula KPU Klungkung yang akan menggelar Pilkada Klungkung 2018, bersamaan dengan Pilgub Bali dan Pilkada Gianyar.

”Untuk Pilkada serentak 2018, kita sudah siap, mulai anggaran untuk KPU Bali, anggaran KPU Gianyar, hingga anggaran KPU Klungkung. NPHD (Nota Perjanjian Hibah Daerah) sudah siap dan tinggal proses administrasi. NPHD telah ditandatangan,” tegas Raka Sandi.

Bukan hanya itu, menurut Raka Sandi, KPU Bali juga sudah siap menyongsong perhelatan Piled 2019 dan Pilpres 2019 yang untuk kali pertama akan digelar serentak. Saat ini, KPU Bali tinggal menunggu regulasi untuk teknis penyelenggaraan Pileg 2019 dan Pilpres 2019.

Raka Sandi mengatakan, untuk Pileg dan Pilpres 2019, awak KPU Bali dan KPU Kabu-paten/Kota se-Bali sedang melakukan langkah-langkah teknis persiapan, mulai menyiapkan program sosialisasi, pemutahiran data pemilih, hingga pendidikan pemilih. “Kami intensifkan menyusun kerangka kerja maupun kelompok kerja, termasuk penyusunan produk-produk hukum sesuai dengan tugas dan kewajiban kami. Begitu UU Pemilu yang baru diundangkan, kami langsung sosialisasi,” tegas komisioner KPU asal Desa Yeh Sumbul, Kecamatan Mendoyo, Jembrana ini.

Sementara itu, Ketua Komisi I DPRD Bali (membidangi hukum, keamanan dan politik), Ketut Tama Tenaya, mewanti-wanti KPU Bali dan KPU Kabupaten/Kota untuk mengantisipasi adanya sengketa Pilkada. “Untuk antisipasi itu, tentu pelaksanaan Pemilu harus benar-benar Jurdil dan sesuai dengan aturan. Minimalkanlah sengketa Pemilu,” ujar Tama Tenaya secara terpisah, Selasa kemarin.

Menurut Tama Tenaya, Komisi I DPRD Bali sudah sempat mendatangi KPU RI di Jakarta untuk berkoordinasi terkait dengan pelaksanaan Pilkada 2018 sedrta Pileg 2019 dan Pilpres 2019, Senin (24/7). Rombongan Komisi I DPRD Bali diterima komisioner KPU RI Evi Novia Ginting dan Karo Rendata KPU RI, Sumariyandono. “Kita inventarisir kerawanan-kerawanan terkait pelaksanaan Pilgub Bali 2018, Pileg 2019, dan Pilpres 2019,” papar politisi PDIP asal Kelurahan Tanjung Benoa, Kecamatan Kuta Selatan, Badung ini. *nat

Komentar