nusabali

Tim Dinkes Sidak Dagang Bakso

  • www.nusabali.com-tim-dinkes-sidak-dagang-bakso

Tim Kesehatan dari Dinas Kesehatan Kota Denpasar melakukan inspeksi mendadak (sidak) di salah satu pedagang bakso di kawasan Jalan Gatot Subroto, Denpasar,  Senin (24/7).

DENPASAR, NusaBali

Sidak ini dilakukan setelah mendapat banyak laporan karena dicurigai pedagang bakso ini menggunakan bahan berbahaya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Denpasar, dr Luh Putu Sri Armini mengungkapkan kedatangan tim kesehatan itu karena banyak laporan dari masyarakat. Sehingga Timkes kemarin melakukan pembinaan dan pengambilan sampel pewarna, pengawet dan bakteriologis di penjual bakso tersebut.

Dikatakan, pihaknya sudah sering melakukan pembinaan, baik di pasar-pasar maupun sekolah-sekolah. Hal ini dilakukan untuk menjaga kehigienisan makanan yang dijual yang akan masuk ke tubuh manusia. “Kali ini, hanya satu dagang. Tapi kami sering melakukan pembinaan. Di mana ada laporan atau yang dicurigai kami datang. Selain itu, di mana dagang yang ramai kami datangi juga. Ini untuk menjamin bahwa makanan itu sehat,” ujarnya.

Dalam sidak tersebut, dilakukan pengecekan juga apakah bakso itu mengandung borak atau tidak. Untuk hasilnya bisa diketahui dua hari lagi. Tidak hanya pengecekan pada makanan saja, tim kesehatan juga memeriksa bagaimana si pedagang mengolah makanan, kebersihan lingkungan dan bagaimana makanan itu disediakan.“Jika ada pedagang yang melanggar. Timkes akan melakukan pembinaan dan menegur pedagang itu,” tegasnya. *cr63

Komentar