nusabali

DLH Jembrana Kekurangan Ratusan Tenaga Kebersihan

  • www.nusabali.com-dlh-jembrana-kekurangan-ratusan-tenaga-kebersihan

Gencarnya pembangunan Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Kabupaten Jembrana belum diimbangi dengan ketersediaan tenaga kebersihan. 

NEGARA, NusaBali
Hingga tahun 2017 ini, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Jembrana masih kekurangan tenaga kebersihan. Idealnya memiliki 300 tenaga kebersihan, namun baru terisi 150 tenaga. 

Kepala DLH Jembrana, I Ketut Kariadi Erawan mengatakan, idealnya setiap RTH harus ada satu petugas kebersihan khusus. Atas kekurangan itu, disiasati dengan tenaga kebersihan diberi tugas keliling. Jadwal dan rutenya tak bisa permanen. “Kadang tenaga kebersihan kami tugaskan di Pekutatan, besoknya di Melaya,” ungkap Kariadi Erawan, belum lama ini.

Kariadi Erawan mengatakan, akan secara bertahap mengisi kekurangan tenaga kebersihan. Usulannya akan dimasukkan pada APBD Perubahan tahun 2017. Hanya saja, penganggaran pengadaan tenaga kebersihan dengan status kontrak dengan anggaran Rp 300 juta itu terganjal. Penyebanya, penggunaan anggaran di Dinas Lingkungan Hidup sudah melebihi pagu dalam Anggaran Induk tahun 2017. “Ada pagu sebesar Rp 15 miliar, realisasinya sudah lebih mencapai Rp 18 miliar,” terangnya.

Pihaknya berencana memprioritaskan pengadaan tenaga kebersihana pada tahun 2018. Selain di RTH, juga ada kebutuhan tenaga kebersihan untuk ditempatkan di Kebun Raya Jagatnatha Jembrana. DLH Jembrana juga memiliki program menyediakan tenaga pengangkut sampah keliling menggunakan mobil gerobak di Kota Negara. “Pengangkut sampah keliling ini sekalian merangkap tukang sapu,” tandas mantan Camat Negara ini. *ode

Komentar