nusabali

Usung Jokowi, Partai Pendukung Diprediksi Solid

  • www.nusabali.com-usung-jokowi-partai-pendukung-diprediksi-solid

Partai-partai pendukung Joko Widodo (Jokowi) diprediksi akan solid hingga pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2019.

JAKARTA, NusaBali
Setidaknya ada tiga alasan yang menyebabkan mereka solid mendukung Jokowi ke Pilpres 2019. Alasan pertama adalah karena partai-partai itu melihat peluang Jokowi sebagai incumbent yang mendapat dukungan kuat untuk maju ke periode kedua. "Ada faktor bahwa incumbent yang biasanya berpeluang besar di periode kedua," kata penelitis CSIS, Arya Fernandes di Jakarta, Minggu (23/7).

"Faktor kedua adalah partai-partai itu sudah cocok dengan Jokowi," lanjut Arya. Penyebab ketiga adalah partai-partai pendukung itu berharap mendapatkan suara lebih banyak dengan mendukung Jokowi di Pilpres. "Partai-partai ini berharap dengan mendukung Jokowi akan mendapat tambahan dukungan publik," kata Arya dilansir detik.com. Seperti diketahui 3 partai pendukung sudah memastikan diri mengusung Jokowi di Pilpres 2019. Ketiga partai itu adalah Partai Golkar, NasDem dan PPP. Perolehan kursi 3 partai itu di DPR mencapai 29,92 persen, memenuhi angka presidential threshold.

Tiga partai lainnya yakni: PDIP, Hanura dan PKB diprediksi kuat juga akan mengusung Jokowi di Pilpres 2019. PDIP, Hanura, PKB, Nasdem, Golkar, dan PPP solid mendukung Jokowi. Terakhir mereka solid saat mengegolkan presidential threshold 20-25 persen saat voting pengesahan undang-undang tentang pemilu di DPR RI, Kamis lalu. *

Komentar