nusabali

110 Kartu KIS Aktif Ditemukan di Sungai

  • www.nusabali.com-110-kartu-kis-aktif-ditemukan-di-sungai

Sebanyak 110 keping Kartu Indonesia Sehat (KIS) ditemukan berserakan di tepi sungai Dusun Rejosari, Desa/Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar, Minggu (23/7/2017).

BLITAR, NusaBali
Kartu KIS pertama ditemukan oleh Kasih Indrawati (20), warga setempat yang hendak ke sungai. "Ya, saya menemukan kartu KIS ini sekitar pukul 06.00 WIB. Saat itu saya mengantar anak ke sungai untuk buang air besar," kata Kasih (20) kepada detikcom di Mapolsek Gandusari.

Saat itu dirinya melihat sebuah amplop coklat berukuran besar kondisinya rusak dan isi amplopnya berserakan di sungai. "Saya penasaran, saya ambil satu buah kartu. Ternyata ada tulisan Kartu Indonesia Sehat. Karena saya pikir penting, makanya saya ambil amplop itu dan saya bawa pulang," jelas ibu satu anak.
 
KIS tersebut rupanya milik warga Surabaya. Itu terlihat dari alamat yang tertera di dalam kartu KIS tersebut. "Waktu saya menemukan kartu KIS itu, ternyata alamatnya Surabaya. Lalu saya pinggirkan kartunya dan saya bawa pulang," katanya yang langsung melaporkan hal itu ke pihak berwajib.
 
Selanjutnya polisi akan mencari tahu keaslian kartu KIS tersebut. "Saat ini kartu dibawa ke Mapolres Blitar. Kami akan dalami apakah kartu ini asli atau palsu. Sekarang penemuan KIS sudah diserahkan ke kasat intel," kata Kapolres Blitar, AKBP Slamet Waluyo saat dihubungi, Minggu (23/7).
 
Puskesmas Gandusari langsung mengecek nama, nomor dan faskes dari 143 Kartu Indonesia Sehat (KIS) warga Surabaya, di sungai Dusun Rejosari, Desa/Kecamatan Gandusari, Blitar. Hasilnya, kartu itu masih aktif.

Kepala Puskesmas Gandusari, Anggit Ditya Putranto mengaku dirinya langsung mendatangi rumah Kasih Indrawati (20) dan meminta diantar ke sungai tempat penemuan kartu KIS tersebut.

"Begitu saya dapat telepon dari polsek, saya langsung mendatangi rumah ibu Kasih dan minta diantar ke tempat ditemukannya KIS itu. Soalnya saya sangat penasaran, saat banyak warga butuh kartu layanan kesehatan, lha ini kok malah ada yang sepertinya dibuang," jelas Anggit Ditya Putranto, Minggu (23/7) seperti dilansir detik. Setelah di sungai, jelas dia, pihaknya masih menemukan 26 kartu yang kondisinya masih bagus.
 
"Langsung saya bawa ke kantor, kami cek sebanyak 26 kartu yang kondisinya masih bagus di situs resmi BPJS kanal PCare. Dari nomor, nama dan faskesnya di situs itu dinyatakan jika kartu masih aktif," papar dokter gigi tersebut.
 
BPJS Kesehatan Divisi Regional VII Jawa Timur belum mengetahui berapa jumlah kartu KIS warga Surabaya yang ditemukan di tepi sungai Dusun Rejosari Desa/Kecamatan Gandusari Kecamatan Gandusari Kabupaten Blitar. "Jumlahnya berapa kita masih belum tahu pasti. Sekarang saya perjalanan ke Blitar untuk mengecek JKN-KIS (Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat)," kata Kepala BPJS Kesehatan Divisi Regional VII Jawa Timur, Handaryo, Minggu (23/7). *

Komentar