nusabali

Demokrat Juga Merapat ke Suwirta

  • www.nusabali.com-demokrat-juga-merapat-ke-suwirta

Kader Demokrat yang sudah disiapkan sebagai tandem Suwirta salah satunya Ketua DPC Demokrat Klungkung, I Gede Artison Andawarata.

NasDem Ngaku Pernah Jalin Komunikasi

DENPASAR, NusaBali
Selain diincar PDIP, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta yang akan menjadi calon incumbent di Pilkada Klungkung 2018 juga diincar Partai Demokrat. DPD Demokrat Bali mendukung Suwirta di Pilkada 2018 dan menyodorkan tandem buat Suwirta.

Laris manisnya Suwirta untuk diusung kembali ini diungkapkan Sekretaris DPD Demokrat Bali, I Wayan Adnyana, Rabu (19/7) kemarin. Adnyana mengatakan peta politik di Klungkung untuk Pilkada 2018, masih menunjukkan elektabilitas (tingkat keterpilihan) incumbent Suwirta paling bagus. Artinya dukungan rakyat masih kuat. “Kita di Demokrat untuk Pilkada Klungkung 2018 mengarahkan dukungan ke incumbent Nyoman Suwirta,” ujar Adnyana.

Menurut Adnyana, dukungan itu sudah ada penjajakan dan komunikasi politik dengan Suwirta secara langsung. Suwirta yang diusung di Pilkada Klungkung 2013 lalu dengan paket Nyoman Suwirta-Made Kasta (Suwasta) akan disodori tandem yang tak lain kader Demokrat. “Kita ya maunya sodorkan tandem dari Demokrat,” ungkap politisi asal Desa Luwus, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan ini.

Adnyana mengatakan kader Demokrat yang sudah disiapkan sebagai tandem Suwirta salah satunya Ketua DPC Demokrat Klungkung, I Gede Artison Andawarata. Artison yang kini anggota DPRD Klungkung adalah politisi muda yang putra seniman Nyoman Gunarsa.

“Salah satu tandemnya itu kita ingin tampilkan Ketua DPC Demokrat Klungkung,” beber Adnyana yang secara tegas mengatakan dukungan mengarah ke Suwirta bukan latah atau membebek, namun karena realita dukungan rakyat ke Suwirta. Adnyana mengatakan Suwirta yang asal Kecamatan Nusa Penida ditandemkan dengan kader Demokrat asal Klungkung daratan adalah hal yang relevan.

Demokrat sendiri memiliki 3 kursi atau 10,00 di DPRD Klungkung. Demokrat memang harus berkoalisi untuk memenuhi syarat 20 persen kursi DPRD untuk bisa mengusung calon di Pilkada 2018.  “Kalau kader dari Nusa Penida kita usulkan tidak memetakan kewilayahan. Jadi salah satunya Ketua DPC Demokrat,” ujar anggota Komisi III DPRD Bali ini.

Selain Demokrat ternyata Suwirta juga pernah komunikasi penjajakan Pilkada Klungkung 2018 dengan Partai NasDem. Pengakuan Suwirta yang berkomunikasi dan merangkul semua partai bisa jadi memang kenyataan. Ketua DPW NasDem Provinsi Bali, Ida Bagus Oka Gunastawa secara terpisah menyebutkan, anggota DPRD Klungkung dari NasDem berkomunikasi dengan Suwirta. “Kalau resmi antar partai politik memang belum. Tetapi anggota DPRD Klungkung dari NasDem cukup bagus komunikasinya dengan Suwirta,” tegas Oka Gunastawa.    

NasDem sendiri di Kabupaten Klungkung memiliki 1 kursi DPRD. Namun kekuatan 1 kursi tetap akan dimaksimalkan untuk mendukung calon di Pilkada Klungkung 2018 mendatang.”Kita secara resmi belum menetapkan dukungan ke siapa? Tetapi Kita akan maksimalkan peran kita untuk Pilkada Klungkung. Masih dinamis dan proses penjajakan,” tegas Oka Gunastawa. *nat

Komentar