nusabali

Perbaikan Selama 30 Jam, Dermaga I Dioperasikan

  • www.nusabali.com-perbaikan-selama-30-jam-dermaga-i-dioperasikan

Dermaga I Pelabuhan Padangbai langsung dioperasikan kembali setelah mengalami perbaikan sejak Senin (17/7) pukul 08.00 Wita, dan tuntas perbaikan pada Selasa (18/7) pukul 14.00 Wita, atau sekitar 30 jam. 

AMLAPURA, NusaBali
Manajer PT ASDP Indonesia Ferry Padangbai I Wayan Rosta mengungkapkan menyebutkan, bagian greeting jembatan MB (mobile bridge) rusak sebanyak 6 modul, ukuran 6 x 7 meter. “Baru ada celah melakukan perbaikan setelah arus penumpang mulai reda,” kata Rosta, Selasa kemarin.

Jembatan MB atau landasan ramdoor kapal yang rusak, menurut Rosta, dalam kondisi keropos. Kerusakan itu antara lain dipengaruhi padatnya arus penumpang serta truk-truk besar yang melakukan bongkar muat di Dermaga I Pelabuhan Padangbai di Desa Padangbai, Kecamatan Manggis, Karangasem.

Menurutnya, perbaikan terakhir pada Oktober 2016, satu plat greeting ukuran 2 x 3 meter bergeser. Saat itu perbaikan hanya perlu waktu enam jam. Dermaga I Pelabuhan Padangbai kapasitas 1.000 GT, yang dibangun pada 1994, beroperasi tahun 1997, selama ini lebih sering rusak karena dihantam ombak pantai dan menahan beban kendaraan yang memuat barang cukup berat. 

Berbeda dengan Dermaga II dengan kemampuan maksimal 2.000 GT, yang dibangun tahun 2006 dioperasikan tahun 2010, menahan beban lebih ringan, dan jarang kena gangguan ombak pantai.

Selama perbaikan Dermaga I, sempat terjadi antrean hingga di luar pelabuhan. Hal itu telah diantisipasi petugas Polsek Kawasan Laut Padangbai, dengan melakukan buka tutup arus lalu lintas yang menuju dan keluar pelabuhan. “Kali ini kemacetan telah terurai. Antrean hanya terjadi di dalam pelabuhan,” jelas Kapolsek Kawasan Laut Padangbai Kompol I Ketut Suharto Giri didampingi perwira pengawas AKP I Made Suparwata. *k16

Komentar