nusabali

Baliho Nyaris Bahayakan Pengguna Jalan

  • www.nusabali.com-baliho-nyaris-bahayakan-pengguna-jalan

Baliho milik salah satu provider internet yang terpasang di Jalan Yos Sudarso, Kelurahan Banjar Tengah, Kecamatan Negara, Jembrana, diterbangkan angin, Senin (17/7). 

NEGARA, NusaBali
Baliho terbang itu nyaris membahayakan pengguna jalan di jalur padat lalulintas itu. Diduga, baliho yang copot dari bingkainya itu dipasang asal-asalan.

Informasinya, lembaran baliho berkuran 3 meter x 5 meter di perempatan lampu merah Taman Sari itu diterbangkan angin sekitar pukul 12.00 Wita. Ketika copot terbawa angin, lembaran baliho jatuh di jalan. Untungnya tidak sampai menimpa pengendara motor di jalur padat lalulintas itu.  Agar tidak menganggu pengguna jalan, salah seorang PNS dari Dinas Kominfo Jembrana yang kebetulan melintas ketika kejadian, langsung meminggirkan lembaran baliho tersebut, sehingga tidak menganggu pengguna jalan.

Adanya kejadian itu, diteruskan ke pihak Satpol PP Jembrana yang turun membersihkan baliho itu. Penanggungjawab provider juga dipanggil. Penanggungjawab provider itu menegaskan, lembaran baliho di papan reklame berkerangka besi dipastikan sudah berizin. Hanya saja, pemasangannya diduga tidak bagus sehingga sampai lepas diterbangkan angin. Di mana pihak provider bersangkutan, juga menyerahkan pemasangan melalui rekanan. “Selain pemasangan. Kualitas bahan balihonya tidak bagus,” terang Sekretaris Satpol PP Jembrana, I Made Leo Agus Jaya.

Menurut Leo, baliho jatuh kerap terjadi. Paling sering baliho dengan kerangka kayu maupun bambu, yang juga disebabkan masalah teknis pemasangan. “Kami sudah sering menertibkan spanduk dan baliho,” jelasnya. Baginya permasalahan baliho bisa ditanggulangi dari instansi terkait yang memberikan izin juga bisa melakukan pengawasan ketika pemasangan. Bila perlu lihat dulu pemasangan, baru kemudian keluarkan izin. *ode

Komentar