nusabali

29 Monyet Divaksin Antirabies

  • www.nusabali.com-29-monyet-divaksin-antirabies

Data hewan penular rabies yang sudah divaksin di Badung, anjing liar 31.550 ekor, anjing rumahan 20.256 ekor, kucing 2.431 ekor, monyet 29 ekor.

Lebih dari 54 Ribu HPR Tervaksin di Kabupaten Badung  


MANGUPURA, NusaBali
Program vaksinasi rabies masih terus digalakkan sampai akhir bulan Juli 2017. Data terakhir dari Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Badung, sudah 54 ribu lebih hewan yang divaksin antirabies oleh petugas. Tidak saja anjing, program yang digalakkan sejak Mei ini juga memvaksin hewan lainnya seperti kucing dan monyet.

“Vaksinasi rabies yang kami galakkan sudah berhasil memvaksin kurang lebih 54.266 hewan, baik itu anjing, kucing maupun monyet. Ini data terakhir sampai 6 Juli 2017,” ungkap Kepala Bidang Kesehatan Hewan Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Badung I Gede Asrama, Jumat (7/7).

Asrama menjelaskan, dari 54.266 hewan yang sudah divaksin dominan adalah anjing, terutama anjing liar mencapai 31.550 ekor, sedangkan untuk anjing rumahan sebanyak 20.256 ekor. Untuk kucing lebih sedikit daripada anjing, yakni hanya 2.431 ekor, sedangkan monyet jauh lebih sedikit lagi yakni hanya 29 ekor.

“Yang jela sampai akhir pencanangan kami targetkan lebih dari 82 ribu hewan yang tervaksin. Karena itu target kami,” imbuh Asmara.

Kenapa kucing dan monyet juga divaksin? “Iya, karena yang kami sasar adalah hewan yang masuk kategori HPR (hewan penular rabies). Kucing dan monyet itu termasuk di situ,” katanya.

Selama pencanangan vaksinasi rabies, aku Asrama, tidak ada kendala berarti yang dihadapi perugas di lapangan. Namun petugas kerap alami kesulitan saat menangkap anjing liar. “Tapi secara umum semua lancar,” ucapnya. Seperti diketahui terdapat 16 tim yang bertugas melakukan vaksinasi di seluruh kecamatan. Setiap tim terdiri dari 5-6 orang. Ada juga tambahan petugas 2 orang dari desa/kelurahan.

Disinggung mengenai anggaran, menurutnya dipatok sekitar Rp 1 miliar. Anggaran merupakan sharing dari APBN, Pemprov Bali, dan APBD Badung. “Anggaran ini untuk pengadaan vaksin, dan operasional petugas di lapangan,” katanya.

“Kami imbau masyarakat ikut berpatisipasi. Sehingga saat mendapat giliran, bisa mengikat anjing peliharaannya untuk memudahkan petugas,” tandasnya. *asa

Komentar