nusabali

Cuaca Memburuk, BPBD Badung Siaga

  • www.nusabali.com-cuaca-memburuk-bpbd-badung-siaga

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Badung meningkatkan kesiapsiagaan menyusul cuaca yang kerap berubah dalam beberapa hari terakhir.

MANGUPURA, NusaBali
BPBD mengimbau tetap waspada selama perubahan cuaca terjadi. “Seperti biasa agar masyarakat selalu waspada. Peka terhadap lingkungan dan tingkatkan kepedulian terhadap sesama, karena bencana terjadi kapan saja dan menimpa siapa saja,” imbau Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Badung Ermy Setiari, Rabu (21/6).

BPBD saat ini menyiagakan kekuatan penuh, mengantisipasi hal tidak diinginkan terjadi. Ermy Setiari menyebutkan ada sekitar 50-an personel tergabung tim reaksi cepat (TRC). Personel ini dibagi dalam beberapa regu, ada yang standby siang hari, ada juga pada malam hari. Namun apabila terjadi bencana besar yang perlu penanganan kedaruratan, seluruh personel TRC bisa dikerahkan.

Personel BPBD, ungkapnya, juga berkoordinasi dengan instansi lain. Misalkan dalam penanganan pohon tumbang bisa dengan DLHK, kemudian penanganan longsor yang memerlukan alat berat, berkoordinasi dengan Dinas PUPR. “Tapi walaupun kami siap siaga dalam menanganan bencana, tentunya kami tidak bisa sendiri, harus bersama dengan semua unsur, seperti dengan aparat kepolisian/TNI, dan masyarakat.”

Sementara Kepala Bidang Sumber Daya Air (Kabid SDA) Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Badung AA Gde Dalem juga mengaku sudah berupaya maksimal untuk mengantisipasi banjir maupun genangan yang dapat timbul di ruas-ruas jalan. Namun diakui apa yang dipersiapkan terkadang tak sesuai yang diharapkan. “Kami sudah siapkan semua, tapi terkadang tak berjalan sempurna,” akunya.

Gung Dalem mengatakan, pembersihan saluran drainase maupun selokan sebetulnya telah rutin dilakukan sebagai antisipasi banjir. “Kalau pembersihan rutin kami lakukan. Tapi ya begitu, namanya alam,” ucapnya.

Seperti diketahui, hujan deras yang mengguyur pada Senin (19/6) sempat mengakibatkan banjir di sejumlah titik. Terpantau di bundaran patung Ngurah Rai, sampai ke lokasi parkir bandara tergenang. Kemudian di Jalan Wanasegara Kuta ke arah Pantai Jerman juga terjadi banjir, begitu juga di depan Kartika Plaza, Kuta, juga banjir menggenangi badan jalan. Berikutnya banjir juga terjadi di Jalan Sunset Road Kuta. *asa

Komentar