nusabali

Ganti Ketua Fraksi, Golkar Surati DPRD Tabanan

  • www.nusabali.com-ganti-ketua-fraksi-golkar-surati-dprd-tabanan

DPD II Golkar Tabanan secara resmi bersurat ke DPRD Tabanan perihal pergantian Ketua Fraksi Golkar dari Nyoman Wirama Putra kepada Made Asta Dharma.

TABANAN, NusaBali
Surat bernomor B-076/Gokarda/Tbn/V/2017 itu diserahkan kepala sekretariat DPD Golkar Tabanan, Bustomi diterima Kasubag Kajian Pembentukan Perda, I Nyoman Mardiana, Selasa (20/6). Hanya saja surat itu belum dibahas, sebab Ketua DPRD Tabanan I Ketut ‘Boping’ Suryadi dan anggota tengah kunjungan kerja (Kunker) ke Nusa Tenggara Barat (NTB).

Wakil Ketua Bidang Organisasi DPD II Golkar Tabanan, Gede Budiatmika mengatakan, rapat pembahasan reposisi Ketua Fraksi Golkar dari Nyoman Wirama Putra kepada Made Asta Dharma digelar, Jumat (16/6) lalu. Rapat pembahasan reposisi jabatan Ketua Fraksi Golkar DPRD Tabanan itu dihadiri seluruh anggota fraksi kecuali, Nyoman Wirama Putra yang masih menjalani penyelidikan di Polda Metro Jaya dan Wayan Gindera yang sakit. “Pergantian ketua fraksi untuk kelancaran tugas di dewan dan memberikan kesempatan kepada Nyoman Wirama Putra fokus menyelesaikan kasusnya,” terang Budiatmika. 

Terpisah, Asta Dharma yang dihubungi per telepon mengaku siap mengemban tugas tersebut. “Ini amanah partai yang harus dijaga kepercayaannya dan dilaksanakan sebaik-baiknya,” ungkap Asta Dharma. Mantan Ketua Badan Legislagi DPRD Tabanan ini menegaskan akan melaksanakan tugas dengan terus membangun sinergi bersama anggota fraksi. Sampai saat ini, surat penugaskan itu belum ia terima karena masih kunjungan kerja bersama anggota dewan lainnya.

Sementara Ketua DPRD Tabanan, I Ketut ‘Boping’ Suryadi menegaskan pergantian ketua fraksi berbeda dengan wakil ketua DPRD. Nantinya, surat itu akan disikapi dan disampaikan kepada anggota melalui paripurna intern. Setelah disampaikan di paripurna intern, maka Asta Dharma yang menerima mandat dari DPD II Golkar Tabanan sah menduduki jabatan Ketua Fraksi Golkar DPRD Tabanan periode 2014-2019.

Pergantian Ketua Fraksi Golkar DPRD Tabanan ini menjadi yang ketigakalinya pada periode 2014-2019. Semula Ketua Fraksi Golkar DPRD Tabanan dijabat srikandi Ni Made Meliani. 

Namun Meliani dicopot dari posisinya pada tanggal 3 Januari 2017. Meliani yang dilengserkan kemudian diberikan tugas baru sebagai Wakil Ketua DPRD Tabanan menggantikan Wayan Gindera. Meliani dilantik sebagai Wakil Ketua DPRD Tabanan pada, Jumat (9/6). Sementara posisi Meliani sebagai Ketua Fraksi Golkar dipercayakan kepada Nyoman Wirama Putra.

Belum genap menjabat Ketua Fraksi Golkar DPRD Tabanan selama 6 bulan, Wirama Putra, politisi muda berusia 35 tahun ini malah terkena kasus dugaan shabu di Jakarta. Wirama digerebek bersama calon istri ketiganya di salah satu kamar hotel Alila, Pecenongan, Jakarta. Wirama ke Jakarta bersama rombongan anggota DPRD Tabanan yang melakukan Bimtek. Atas kasus itu, jabatan Ketua Fraksi Golkar dicopot dan diberikan kepada Asta Dharma. *k21

Komentar