nusabali

2018, Soal UN Masih Didominasi Pilihan Ganda

  • www.nusabali.com-2018-soal-un-masih-didominasi-pilihan-ganda

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) menyebutkan sebagian besar soal Ujian Nasional (UN) pada 2018 masih pilihan ganda. 

JAKARTA, NusaBali
"Untuk UN pada tahun depan, sebagian besar masih akan seperti tahun ini. Kami memang merencanakan untuk mulai mengenalkan bentuk soal yang tidak pilihan ganda atau hanya sekitar lima hingga 10 persen dan tidak di semua mata pelajaran," ujar Kepala Pusat Penilaian Pendidikan Badan Penelitian dan Pengembangan Kemdikbud, Prof Ir Nizam di Jakarta, Jumat (16/6).

Bentuk soal selain pilihan ganda misalnya mengisi atau menuliskan jawaban misal di matematika atau fisika, menggarisbawahi pokok bacaan bahasa, pilihan ganda dengan jawaban benar lebih dari satu pilihan. Namun belum esai.

"Kami juga mengembangkan teknologi untuk menilai atau menskor jawaban terbuka atau esai secara otomatis (menggunakan komputer). Dikenal sebagai natural language processing, atau automatic machine scoring, dan sebagainya . Tapi masih dalam tahap pengembangan. Jadi belum dalam waktu dekat bisa digunakan. Masih rencana jangka menengah, " jelas Nizam dilansir okezone.com. Dia meminta siswa dan guru tidak perlu khawatir dan lebih mementingkan penuntasan pembelajaran. "Karena UN hanya mengukur capaian pembelajaran sesuai kurikulum. Kalau belajarnya tuntas Insya Allah tidak akan kesulitan mengerjakan UN," katanya. *

loading...

Komentar