nusabali

Ruang Pansus DPR Terbakar

  • www.nusabali.com-ruang-pansus-dpr-terbakar

Gedung Nusantara II DPR/MPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, terbakar.

JAKARTA, NusaBali
Titik api berada di lantai 3 tepatnya di ruangan panitia khusus Pansus. "Iya benar terbakar, asap tebal mengepul di lantai 3 ruang pansus," ujar petugas piket Damkar Jakarta Pusat, Permadi saat dikonfirmasi detik, Minggu (18/6/) pukul 04.30 WIB.
 
Kepala Biro Humas dan Pemberitaan DPR Djaka Dwi Winarko menyatakan, tidak ada kerugian yang signifikan akibat kebakaran di dalam ruang rapat Pansus C, Gedung Nusantara II DPR, Jakarta, kemarin pagi. 
 
Ia berkata, kebakaran terjadi di satu titik dan tidak menyebar ke ruang lain. "Tidak ada (kerugian). Kebakaran hanya di plafon saja berukuran 3x3 meter persegi," ujar Djaka, Minggu (18/6) seperti dilansir cnnindonesia. 
 
Kebakaran di ruang Pansus C yang berlokasi di lantai 3 Gedung Nusantara II DPR terjadi pada pukul 02.36 WIB. Titik kebakaran yang berada di atap ruang kemudian menimbulkan kepulan asap. 
 
Berdasarkan informasi BPBD DKI, sebanyak 15 mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan api tersebut.
 
Djaka menuturkan, hasil penyelidikan sementara menduga kebakaran terjadi akibat korsleting arus listrik yang ada di dalam plafon ruang tersebut. Korsleting itu kemudian menimbulkan percikan api yang membuat plafon terbakar. 
 
Meski api sempat menyala, Djaka mengaku, alarm kebakaran yang berada di dalam ruang tersebut berhasil mendeteksi terjadinya kebakaran yang kemudian ditindaklanjuti dengan pemadaman oleh Pamdal DPR dan personel pemadam kebakaran. 
 
"Alarm berbunyi ketika api menyala. Jadi tidak menjalar," ujarnya. Sementara itu, Djaka menyampaikan, DPR saat ini telah melaporkan peristiwa kebakaran itu kepada kepolisian untuk diselidiki. 
 
"Kami serahkan penyelidikan kebakaran ini kepada Labfor Polri. Mungkin nanti ada penellitian atau penyelidikan," ujar Djaka. Ia memprediksi hari ini ruang tersebut sudah dapat digunakan kembali untuk menggelar rapat pansus. *

Komentar