nusabali

Jelang Lebaran, Arus Mudik Melonjak

  • www.nusabali.com-jelang-lebaran-arus-mudik-melonjak

Memasuki H-8 Lebaran, dari Sabtu (17/6) pukul 08.00 Wita hingga Minggu (18/6) pukul 08.00 Wita tercatat sebanyak 30.824 penumpang menyeberang dari Pelabuhan Gilimanuk ke Pelabuhan Ketapang.

NEGARA, NusaBali
Jumlah kendaraan yang sudah menyeberang yakni 5.852 unit roda dua dan 4.164 unit roda empat. Terjadi lonjakan dibanding H-9 Lebaran, Jumat (16/6) pukul 08.00 Wita sampai Sabtu (17/6) pukul 08.00 Wita dengan 25.084 penumpang.

Pada H-9, kendaraan roda dua juga meningkat dibanding sehari sebelumnya, yakni sebanyak 3.613 unit. Kendaraan roda empat 4.399 unit. Lonjakan pemudik dengan sepeda motor masih sama dominan terjadi memasuki pagi dan malam hari. Pasalnya, para pemudik bersepeda motor ini sengaja menghindari terik matahari agar tidak kepanasan di jalan.

Pemudik dengan kendaraan roda empat, waktunya tidak menentu. Roda empat didominasi jenis mobil travel serta bus AKAP yang berisi rombongan mudik sempat menumpuk di gerbang loket tiket karena datang hampir secara bersamaan. Manager Usaha ASDP Pelabuhan Gilimanuk, Heru Wahyono mengatakan, lonjakan arus penumpang ini dinilai masih dalam batasan normal.

Menurutnya, belum ada lonjakan terlalu signifikan yang menimbulkan antrean sampai keluar areal Pelabuhan Gilimanuk. Memasuki seminggu jelang Lebaran ini, pihaknya memastikan arus pemudik mengalami lonjakan. Prediksinya, puncak arus mudik akan terjadi memasuki H-2 Lebaran pada Sabtu (24/6). “Kami harapkan saat arus puncak, tidak terlalu membeludak,” haranya. *ode

loading...

Komentar