nusabali

FENG-SHUI : Lampu Taman

  • www.nusabali.com-feng-shui-lampu-taman

Segala sesuatu yang berlebihan memang akan berakibat tidak baik. Maka, malam yang gelap dan berenergi Yin haruslah diimbangi dengan sesuatu yang berenergi Yang.

Lampu taman adalah Unsur Api yang sangat berpengaruh di taman pada malam hari. Kehadirannya di taman bukan hanya menerangi, tetapi juga sekaligus menghangatkan. Tapi, seberapa terangkah seharusnya sebuah taman pada malam hari.

Hal terpenting dalam sebuah taman adalah berpadunya Lima Unsur penyusun alam semesta secara harmonis. Unsur tersebut adalah; Kayu, Api, Tanah, Logam, dan Air. Lampu merupakan salah satu perwujudan Unsur Api yang ada di dalam taman. Sedangkan Air adalah perwujudan Unsur Air, Batu adalah perwujudan Unsur Logam, Pohon dan Tanaman adalah perwujudan Unsur Kayu. Lahan tempat taman berada adalah Unsur Tanah.

Kalau perpaduan Lima Unsur yang ada di dalam taman itu sempurna, maka energi alam semesta yang disebut sebagai Chi akan terbangkitkan dengan baik. Karena itu, apabila sebuah rumah yang memiliki taman yang bagus, maka energi Chi yang masuk ke dalam rumah tersebut akan menjadi baik dan kuat. Apalagi apabila rumah tersebut menerapkan perhitungan Feng Shui yang tepat.

Sebaliknya, meskipun sebuah rumah dibangun dengan Feng Shui yang bagus, maka tidak ada artinya apabila pintu utamanya menghadap ke tempat sampah. Energi Chi yang masuk ke dalam rumah tersebut akan menjadi rusak.

Sehingga tolok ukur seberapa terang sebuah taman seharusnya, semuanya juga tergantung pada perpaduan Lima Unsur tadi, serta ukuran luas halaman. Sebuah taman yang kecil hanya membutuhkan penerangan secukupnya saja. Berbeda dengan taman yang berukuran luas dan ditumbuhi pepohonan yang rimbun. Cahaya yang kuat dibutuhkan untuk menerangi tempat seperti itu. Selain itu, ada taman yang tampak lebih bagus dengan cahaya remang-remang. Ada pula taman yang justru membutuhkan banyak cahaya untuk menerangi sudut-sudutnya yang indah.

Seperti air mancur atau benda bergerak lainnya, sesuatu benda yang bercahaya juga bisa mengaktifkan energi Chi suatu tempat. Maka, lampu yang ada di taman juga berfungsi untuk meningkatkan energi Chi di sekitarnya. Keharmonisan lingkungan harus tetap dijaga sehingga pada saat pintu utama dibuka, energi Chi yang masuk dari taman ke dalam rumah tetap baik. Energi Chi dari taman akan tetap hidup meskipun malam turun.

Yang perlu diperhatikan adalah lampu taman harus diletakkan di sektor yang bagus. Hal ini dikarenakan, di dalam taman, lampu taman berperan sebagai Unsur Api yang bisa membangkitkan energi Chi. Apabila sektor-sektor yang memiliki energi baik diaktifkan, maka energi Chi di tempat tersebut akan semakin kuat. Sedangkan apabila lampu ditempatkan pada sudut yang jelek, maka energi buruk yang akan terbangkitkan dan memenuhi seluruh taman.

Konflik penempatan Unsur Api dalam sebuah taman memang seringkali terjadi. Kebingungan apakah diperbolehkan meletakkan lampu taman di dekat kolam ikan atau air mancur. Tidakkah hal ini akan membuat terjadinya pertempuran antara Unsur Api dengan Unsur Air. Sebenarnya tergantung dari bagaimana cara meletakkan unsur-unsur tersebut. Sebaiknya menanam bunga atau tanaman pendek di sekitar kolam. Supaya kolam tampak lebih segar. Kehadiran tanaman di sekitar kolam, menjadikan munculnya Unsur Kayu di antara Unsur Air dan Api. Keseimbangan yang baru akan terbentuk. Air akan menumbuhkan Kayu (tanaman yang berada di sekitar kolam). Selanjutnya, energi Unsur Kayu dari tanaman yang berada di sekitar kolam akan menghidupkan energi Unsur Api dari lampu taman. Sehingga tidak akan terjadi pertentangan antara Unsur Air dari kolam dengan Unsur Api dari lampu taman.

Cahaya dari lampu taman memang merupakan energi yang sangat penting terutama pada malam hari. Pada saat matahari tenggelam, keseimbangan lingkungan terganggu dengan datangnya kegelapan. Maka, lampu taman akan memancarkan sinar Yang sampai ke sudut taman. Suasana dingin dan kaku akan berubah menjadi hangat dan nyaman.

Arah Timur dan Selatan merupakan arah yang bagus untuk meletakkan lampu taman. Timur merupakan tempat energi Unsur Kayu yang merupakan Ibu dari Unsur Api. Sedangkan Selatan merupakan arah dari Api itu sendiri. Apabila lampu taman diletakkan di posisi Api, tentu energi yang ditimbulkan akan semakin bagus. Sehingga akan berdampak positif bagi seluruh penghuni rumah. *

Komentar