nusabali

Buleleng - Badan Tenaga Nuklir Nasional Seriusi Kerjasama

  • www.nusabali.com-buleleng-badan-tenaga-nuklir-nasional-seriusi-kerjasama

Pemkab Buleleng serius menindaklanjuti kerjasama dengan Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN), guna meningkatkan produksi pertanian, sekaligus menggali potensi pertanian yang bisa dikembangkan.

Garap Sektor Pertanian
 
SINGARAJA, NusaBali
BATAN adalah Lembaga Pemerintah Non Kementerian Indonesia yang bertugas melaksanakan tugas pemerintahan di bidang penelitian, pengembangan, dan pemanfaatan tenaga nuklir. Kini pengembangan pengetahuan teknologi BATAN telah meluas pada bidang kesehatan, pertanian, dan sumber daya alam (SDA).

Guna menjalin kerjasama itu, Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana mempresentasikan potensi pertanian yang ada di Buleleng, di hadapan pejabat BATAN, di ruang rapat madya, Pusat Aplikasi Isotop dan Radioasi (PAIR), BATAN, Jakarta Selatan, Jumat (16/6).

Bupati datang ke BATAN didampingi Asisten I Setkab Buleleng Made Arya Sukerta, dan sejumlah Pimpinan OPD terkait, serta Wakil Rektor Bidang Akademik, Undiksha Singaraja Ida Bagus Arnyana. Rombongan Pemkab Buleleng diterima oleh Deputi Bidang Pendayagunaan Teknologi Nuklir Hendig Winarno. 

Bupati Agus Suradnyana mengatakan, presentasi yang dilakukan merupakan langkah awal dalam menindaklanjuti keinginan bekerjasama dengan BATAN.

Menurut Agus Suradnyana, radiasi gama ini sangat cocok dengan kondisi pertanian kita di Buleleng. “Radiasi ini sangat banyak manfaatnya mulai dari menciptakan bibit yang baik sampai menghilangkan penyakit pada tanaman,” jelasnya.

Bupati mengungkapkan, kerjasama itu akan ditandaklanjuti dengan penandatanganan kerjasama dengan BATAN yang diagendakan pada Agustus 2017 nanti. Agus Suradnyana berharap, dengan adanya kerjasama tersebut, pertanian di Buleleng bisa meningkat. “Kalau sudah ada kerjasama ini, saya yakin pertanian kita akan maju bukan hanya satu langkah tapi sudah empat langkah ke depan,” ujarnya.

Sementara itu, Deputi Bidang Pendayagunaan Teknologi Nuklir Hendig Winarno mengatakan sangat menyambut baik rencana kerjasama yang akan dilakukan dengan Pemkab Buleleng. Hendig Winarto menambahkan ada berbagai aplikasi teknologi nuklir yang digunakan di beberapa sektor kehidupan. Hal tersebut menilik kondisi dan permasalahan yang ada maka dibutuhkan solusi yang tepat sebagai upaya pemecahan masalah. “Ternyata nuklir mampu menjadi solusi atas permasalahan-permasalahan yang timbul di beberapa sektor kehidupan salah satunya sektor pertanian,” kata Hendig.  Ia berharap, nantinya kerjasama ini bisa berjalan dengan baik sehingga bisa bermanfaat bagi masyarakat Buleleng.

Selain melakukan presentasi, rombongan Pemkab Buleleng yang dipimping Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana mengunjungi fasilitas radiator dan National Science Techno Park. *K19

Komentar