nusabali

Bupati Eka Wiryastuti Buka Jatiluwih Agriculture Festival

  • www.nusabali.com-bupati-eka-wiryastuti-buka-jatiluwih-agriculture-festival

Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti membuka secara resmi Jatiluwih Agriculture Festival 2017 bertema ‘Memica Manik Galih’ di DTW Jatiluwih, Desa Jatiluwih, Kecamatan Penebel, Tabanan, Jumat (16/6). 

TABANAN, NusaBali
Pembukaan festival ditandai dengan ngoncang bersana Ketua DPRD Bali Nyoman Adi Wiryatama, Perwakilan Pemerintah Toyama Jepang Mr Takata, dan Ketua Panitia Acara Jatiluwih Agriculture Festival 2017, I Nengah Sukirtayasa.

Ketua Panitia Acara Jatiluwih Agriculture Festival 2017, I Nengah Sukirtayasa mengatakan, festival ini akan berakhir pada tanggal 13 Agustus 2017 mendatang ditandai dengan pelaksanaan Persami Budaya tingkat Penggalang dan Penegak se-Kecamatan Penebel. Selama festival akan ada sejumlah kegiatan seperti : membajak dan menangkap lindung (belut) melibatkan wisatawan. “Festival ini bertujuan meningkatkan promosi DTW Jatiluwih sebagai Warisan Budaya Dunia,” jelas Sukirtayasa.

Sebelum pembukaan festival, DTW Jatiliwuh bekerjasama dengan krama subak telah memasang lelakut (orang-orangan sawah). Para pengunjung bisa foto selfie dengan lelakut. Kegiatan lainnya ngusaba subak dan pemasangan penjor. Saat pembukaan festival diadakan launching Warung Cerdas Kube, launching program Jatiluwih Berlian/Bank Sampah Green Village, atraksi panen, pameran UKM, parade pertanian Catur Angga yang diwakili 20 subak di sekitaran Jatiluwih serta atraksi aneka kesenian tari. Salah-satunya tarian legendaris Bali yakni Oleg Tamulilingan dan Kidang Kencana.

Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti mengatakan, keunikan alam Jatiluwih menjadikan desa ini ditetapkan sebagai Warisan Budaya Dunia. Jatiluwih menjadi aset yang sangat berharga bagi para petani. Pengembangan pariwisata di Jatiluwih dibangun dengan konsep pariwisata untuk petani. “Sehingga petani adalah aktor dari kegiatan pariwisata dan mendapat manfaat dari pariwisata,” ungkapnya.

Bupati Eka menyerukan agar Jatiluwih Agriculture Festival bisa diadakan setiap tahun. “Mari kita jadikan event ini sebagai wahana untuk upaya pelestarian, peningkatan produktivitas berbagai sektor, promosi wisata, dan pemberdayaan serta mensejahterakan masyarakat,” ajaknya. Pembukaan festival dihadiri Wakil Bupati Buleleng dr Nyoman Sutjidra, perwakilan dari Walikota Surabaya, Sekkab Tabanan I Nyoman Wirna Ariwangsa, Wakil Ketua DPRD Tabanan Nengah Sri Labhantari, anggota DPRD Tabanan I Made Dirga, para Asisten Setda Tabanan beserta seluruh pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Tabanan, Camat Penebel, beserta seluruh Perbekel se-Kecamatan Penebel. *k21

Komentar