nusabali

PDIP Karangasem Gelar Pidato Mirip Bung Karno

  • www.nusabali.com-pdip-karangasem-gelar-pidato-mirip-bung-karno

DPC PDIP Karangasem menggelar Lomba Pidato Mirip Bung Karno di Sekretariat DPC PDIP Jalan Ahmad Yani Amlapura, Jumat (16/6).

AMLAPURA, NusaBali
Dalam lomba yang terbagi dalam tiga kategori yakni SD, SMP dan SMA ini, ternyata peserta dari kalangan SD yang paling mampu menjiwai semangat Bung Karno, mulai dari gaya, mimik, gerak, dan intonasi vokal.

“Setiap PAC PDIP dari delapan PAC wajib mendatangkan enam peserta, masing-masing dua peserta dari tingkat SD, SMP dan SMA. Ini awal yang baik, untuk membumikan ajaran Bung Karno," jelas Ketua DPC PDIP Karangasem I Gede Dana, di sela-sela lomba, kemarin.

Lomba dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila dan Bulan Bhakti Bung Karno ini, menurut Gede Dana, tujuannya, selain menanamkan ajaran Bung Karno, juga untuk mendekatkan anak bangsa dengan menanamkan semangat 4 pilar kebangsaan: Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika. 

Dalam lomba ini, bertindak sebagai dewan juri yakni I Gede Aries Pidrawan guru bahasa Indonesia SMK PGRI Amlapura, I Wayan Sutena dari DPD PDIP Bali dan I Gede Dana dari DPC PDIP Karangasem.

Adapun kriteria pemenang, menurut juri, yakni materi sesuai semangat kekinian, pakaian, intonasi kalimat, bahasa tubuh dan mimik penampilan agar mirip Bung Karno.

Dari lomba ini, ternyata di tingkat SD, penampilan kakak beradik: I Gde Naradipha Arsi Kesa dan Kadek Mas Pritha Nanda mampu memikat penonton melalui pidatonya mulai zaman revolusi, terjadinya pergolakan bangsa hingga timbul perpecahan. Namun Bung Karno mampu mempersatukan melalui semangat gotong royong.

"Ajaran Bung Karno yang saya pelajari sebagai pedoman anak bangsa ke depan," kata I Gde Naradipha, yang putra anggota DPRD Karangasem I Wayan Sumatra.  

Para pemenang untuk juara I dan juara II nantinya dikirim ke Lomba Pidato Mirip Bung Karno di Denpasar, 21-22 Juni 2017. *k16

Komentar