nusabali

Klinik Pendidikan Susun Buku Panduan Bahasa Bali

  • www.nusabali.com-klinik-pendidikan-susun-buku-panduan-bahasa-bali

Klinik Pendidikan Tabanan tengah menyusun buku pelajaran Bahasa Bali untuk siswa kelas IV, V, dan VI. Menurut rencana, buku pedoman dengan kurikulum 2013 ini diterbitkan pada tahun ajaran 2017/2018.

TABANAN, NusaBali
Penyusunan buku ini berawal dari tatap muka dengan para guru berbahasa Bali di Tabanan yang mengaku kesulitan mengajar bahasa Bali. 

Ketua Klinik Pendidikan, Wayan Kawi S mengatakan, buku ini telah disusun sejak bulan Maret 2017 melibatkat tim pakar dan perwakilan dari guru-guru di masing-masing kecamatan se-Tabanan yang masing-masingnya diwakili dua orang guru. “Buku ini akan dibagikan secara gratis ke sekolah-sekolah SD se-Tabanan,” terang Kawi S, Senin (12/6). Mantan anggota Fraksi PDIP DPRD Tabanan ini berharap buku tersebut kemudian dirawat dan diinventariskan pada perpustakaan di masing-masing sekolah agar bisa digunakan secara berkelanjutan. 

Kawi berharap Pemkab Tabanan berikan dukungan anggaran agar buku tersebut bisa dicetak semakin banyak. Mengingat buku ini sangat penting dalam usaha melestarikan bahasa Bali. Ketua tim peenyusun buku pedoman bahasa Bali Klinik Pendidikan Tabanan, I Gede Putu Susila mengatakan penyusunan buku berpedoman dari buku-buku bahasa Bali yang telah ada sebelumnya kemudian disempurnakan atau disesuaikan dengan kurikulum 2013. 

Sementara Ketua Dewan Pendidikan Tabanan, Drs I Wayan Madra Suartana MSi menambahkan, bahasa Bali saat ini seakan terasing karena penggunaan bahasa Bali menurun. Faktor penyebabnya pun banyak, salah satunya adanya kesulitan para guru dalam mengajar bahasa Bali kepada anak didiknya. Apalagi yang mengajar adalah guru agama Hindu atau guru kelas yang tidak berlatar belakang pendidikan bahasa Bali. “Malah ada guru yang mengajar bahasa Bali dengan pengantar bahasa Indonesia,” sebutnya. *k21

Komentar