nusabali

Prof Suastika Motivasi Calon Penggantinya

  • www.nusabali.com-prof-suastika-motivasi-calon-penggantinya

Puncak pemilihan rektor (Pilrek) Unud dijadwalkan digelar pada 20 Juni mendatang di Rektorat Unud Kampus Bukit Jimbaran, Kuta Selatan, Badung.

Harus Bawa Unud Jadi Kampus Bertaraf Internasional


MANGUPURA, NusaBali
Rektor Universitas Udayana (Unud), Prof Dr dr Ketut Suastika SpPD KEMD mengharapkan penggantinya rektor periode 2017-2021 memiliki visi misi yang kuat dalam mengantarkan kampus bertaraf internasional.

"Empat calon rektor pemilihannya akan dilakukan, Selasa (20/6) nanti," kata Prof Suastika pada acara wisuda 801 sarjana di Kampus Bukit Jimbaran, Kabupaten Badung, Sabtu (3/6). Ia mengatakan, kampus bertaraf internasional itu menjadi tuntutan utama, karena pengaruh era globalisasi memiliki tantangan dan peluang dalam persaingan internasional.

Dalam pemilihan rektor itu ada empat calon, yakni Prof Dr drh I Made Damriyasa MS (FKH) yang kini menjabat wakil Rektor I Bidang Akademik, Prof Dr dr AA Raka Sudewi SpS (K), Direktur Pascasarjana serta dua dosen yang pernah menjabat sebagai Ketua Program Studi Dr Drs AA Ngurah Gunawan MT dan Ir I Nyoman Budiarsa MT PhD.

Prof Suastika menilai keempat calon tersebut memiliki kompetensi dan mampu mempercepat terwujudnya visi dan misi kampus sehingga ikut berperan aktif dalam menyiapkan generasi emas Indonesia 2045. Hal itu sebagai upaya untuk menjadikan Universitas Udayana tetap mendapat kepercayaan masyarakat, sekaligus melanjutkan pendidikan tinggi, baik dari Bali, Indonesia maupun luar negeri.

Untuk itu, kualitas pendidikan agar tetap dipertahankan, bahkan dilakukan pembaharuan sehingga lulusannya mampu diserap oleh dunia kerja. Selain itu, mahasiswa juga agar dibekali dengan keterampilan sesuai dengan konsentrasi pendidikan yang dipilih. "Saya menilai pendidikan akademik saja belum cukup untuk memiliki keterampilan yang sesuai dengan kebutuhan pasar dan perkembangan teknologi yang berkembang," ujarnya. Prof Suastika mengingatkan, para lulusan agar tidak mengandalkan lapangan pekerjaan yang ada, namun harus berani menjadi seorang pengusaha.

Hal itu akan memberikan dampak ganda dan nilai lebih terhadap kemajuan sumber daya manusia (SDM) Indonesia dalam sektor ekonomi maupun meningkatkan karakter anak muda bangsa yang akan melanjutkan program pembangunan menyangkut berbagai aspek kehdupan.

Puncak pemilihan rektor (Pilrek) Unud dijadwalkan digelar pada 20 Juni mendatang di Rektorat Unud Kampus Bukit Jimbaran, Kuta Selatan, Badung. Pemilihan dilakukan secara voting melalui suara senat Unud yang berjumlah 167 orang ditambah suara menteri. Bobot suara Menteri cukup besar sebanyak sebesar 35%. Sedangkan suara senat 65%. Setelah calon rektor terpilih, dengan demikian secara sah akan menggantikan Prof Dr Ketut Suastika sebagai Rektor Unud periode 2013-2017 yang kepemimpinannya akan segera berakhir pada 12 Juli 2017 nanti. *ant

Komentar