nusabali

Yuk, Ikut Pemilihan Duta Endek

  • www.nusabali.com-yuk-ikut-pemilihan-duta-endek

Kegiatan ini sebagai upaya Pemkot Denpasar dalam menyosialisasikan produksi dalam negeri dengan semboyan ‘Endek Kita Punya, Kita Pakai, Kita Bangga’

DENPASAR, NusaBali

Pemerintah Kota Denpasar kembali menyelenggarakan kegiatan pemilihan Duta Endek Denpasar 2017 dalam upaya melestarikan dan bangga menggunakan kain endek sebagai gaya hidup yang akan digelar Oktober mendatang.

"Pemilihan 'Duta Endek Denpasar' sudah dilakukan sosialisasi menyasar anak-anak muda Denpasar," kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Denpasar Wayan Gatra di Denpasar, Kamis (25/5).

Ia mengatakan kegiatan yang sama dengan tahun-tahun sebelumnya, yakni memilih puluhan para finalis duta endek dengan melibatkan tiga orang juri yang berkompeten dibidangnya dengan tema ‘Endek is True quality’.

Disamping itu, kata dia, tahun ini kegiatan juga akan diisi dengan empat bidang lomba meliputi kewirausahaan bagi siswa SMP, SMA/SMK, fashion show, lomba photography, serta lomba mewarnai bagi siswa TK dan SD.

Menurut Gatra, seleksi peserta duta endek dilakukan lewat tes tulis dan tes wawancara yang setiap tahunnya diikuti ratusan orang peserta dari kalangan siswa sekolah hingga mahasiswa. Kegiatan ini sebagai upaya Pemkot Denpasar dalam menyosialisasikan produksi dalam negeri dengan semboyan ‘Endek Kita Punya, Kita Pakai, Kita Bangga’.

Disamping itu menumbuhkan rasa cinta dan kebanggaan di kalangan remaja terhadap endek, serta memberikan kesempatan generasi muda untuk lebih mengenal endek melalui Duta Endek Kota Denpasar.

Kegiatan akan menetapkan ‘Duta Endek Putra dan Putri’ memperebutkan penghargaan juara I, II dan III, serta mengikuti pembekalan dari Ketua Dekranasda Kota Denpasar, Ny. Ida Ayu Selly Dharmawijaya Mantra. "Kegiatan juga akan melaksanakan kunjungan (visiting trip) ke perajin endek yang ada di Kota Denpasar," kata Gatra.

Ia juga menjelaskan beberapa kegiatan untuk menyosialisasikan endek di kalangan generasi muda telah dilakukan bersama-sama Ketua Dekranasda Kota Denpasar menyasar sekolah-sekolah. Disamping itu kegiatan tahun-tahun sebelumnya para duta endek juga melibatkan dalam perlombaan fashion di tingkat nasional yang berhasil meraih juara I, serta melakukan berbagai kegiatan sosialisasi endek pada ajang Festival di Kota Denpasar. "Kami harapkan para pemenang duta endek nantinya mampu memberikan yang terbaik untuk kemajuan dan peningkatan inovasi produk lokal di Kota Denpasar melalui kegiatan-kegiatan yang menyasar kalangan anak muda,"ujarnya.

Gatra lebih lanjut mengatakan informasi pemilihan duta endek serta berbagai lomba dapat membuka media sosial duta endek Denpasar serta datang langsung ke Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Denpasar.

Sementara Ketua Dekranasda Denpasar, Nyonya Selly Dharmawijaya Mantra mengatakan, pelaksanaan lomba ini sangat penting bagi pelestarian penggunaan busana endek.

"Endek bukanlah busana yang 'Old Fashion', tapi bisa juga diaplikasikan ke dalam busana sehari-hari yang trendi dan khas anak muda. Mudah-mudahan akan membuat busana endek semakin dikenal dan dicintai oleh masyarakat terutama generasi muda di Kota Denpasar," kata istri Walikota Denpasar IB Rai Dharmawijaya Mantra, ini. *ant

Komentar