nusabali

Istri Wakil Bupati Badung Peringkat Teratas Seleksi Calon Kepala Dinas Arsip

  • www.nusabali.com-istri-wakil-bupati-badung-peringkat-teratas-seleksi-calon-kepala-dinas-arsip

Sebanyak 21 pejabat Eselon III dinyatakan lolos seleksi 7 jabatan Eselon II b lingkup Pemkab Badung.

21 Pejabat Lolos Seleksi Jabatan Eselon II b


MANGUPURA, NusaBali
Masing-masing posisi jabatan Eselon II b meloloskan tiga (3) nama, untuk kemudian salah satunya dipilih Bupati Badung. Termasuk di antara 21 pejabat Eselon III yang dinyatakan lolos adalah Ni Wayan Kristiani, yang notabene istri dari Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa, dan Camat Kuta Selatan I Wayan Wirya.

Nama Ni Wayan Kristiani dan I Wayan Wirya beserta 19 pejabat Eselon III lainnya yang dinyatakan lolos seleksi ini diumumkan Pansel (Panitia Seleksi) Jabatan Tinggi Pratama (Eselon II b) di Puspem Badung, Kelurahan Sempidi, Kecamatan Mengwi, Rabu (23/5). Ada pun 7 jabatan Eselon II b yang dilakukan pengisian melalui rekrutmen oleh Pansel masing-masing Kepala Dinas (Kadis) Kearsipan dan Perpustakaan Badung, Kadis Perhubungan Badung, Kepala Satpol PP Badung, Kadis Kebakaran dan Penyelamatan Badung, Kadis Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) Badung, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Badung, serta Kadis Perumahan Rakyat dan Pemukiman Badung.

Wayan Kristiani sendiri lolos seleksi untuk jabatan Kadis Arsip dan Perpustakaan Badung. Saat ini, istri Wakil Bupati Ketuts Suiasa tersebut masih menjabat sebagai Kabid Pemasaran Pariwisata Disparda Badung. Dalam seleksi oleh Pansel, Wayan Kristiani menduduki ranking tertinggi mengatasi dua rivalnya, yakni AA Ngurah Arimbawa (yang kini Sekretaris Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Badung) dan I Nyoman Darmawan (yang kini menjabat Kabid Pengadaan SDM Badan Perencanaan Daerah Badung).

Berdasarkan pengumuman Pansel Nomor 800/26/PANSEL-JPT/2017 yang ditandantangi langsung Ketua Pansel, I Wayan Adi Arnawa (Sekda Kabupaten Badung), tanggal 17 Mei 2017, peraih ranking teratas dalam seleksi Kadis Perhubungan adalah AA Rai Yudha Darma, yang kini menjabat Kabid Kesra Setda Badung. Sementara peraih ranking tertinggi posisi jabatan Kepala Satpol PP adalah I Gusti Agung Ketut Suryanegara (yang kini menjabat Kabid Pemerintahan Desa Dinas PM Badung).

Sedangkan Wayan Wirya, yang kini menjabat Camat Kuta Selatan, menduduki ranking teratas untuk seleksi Kadis Kebakaran dan Penyelamatan Badung. Sebaliknya, ranking teratas seleksi Kadis PMPTPSP Made Agus Aryawan (kini Sekretaris Badan Perencanaan Daerah), kemudian ranking teratas seelksi Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah adalah I Ketut Gde Suyasa (kini Kabid Keuangan Setda Badung), sementara ranking teratas Kadis Perumahan Rakyat dan Permukiman Badung adalah AAN Bayu Kumara Putra (kini Kabid Pembangunan Setda Badung).

Perlu dicatat, dari lima Camat yang ikut bertarung berebut posisi jabatan Eselon II b, hanya Wayan Wirya (Camat Kuta Selatan) yang lolos. Sedangkan empat Camat lainnya yang gugur masing-masing Camat Abiansemal Putu Thomas Ngurah Yuniarta (melamar untuk posisi Kepala Satpol PP), Camat Mengwi IGN Gde Jaya Saputra (melamar posisi Kadis PMPTPSP), Camat Kuta Utara AA Putu Yuyun Hanura Eni (membidik posisi Kadis Kebakaran dan Penyelamatan), serta Camat Kuta I Gede Rai Wijaya (membidik jabatan Kadis Kebakaran dan Penyelamatan).

Wayan Wirya dan Wayan Kristiani bersama 19 pejabat Eselon III lainnya yang di-nyatakan lolos seleksi ini, berhasil melalui serangkaian seleksi yang dilakukan Pansel. Dimulai dari seleksi administrasi, tes wawancara (11-12 Mei 2017), hingga penelusuran rekam jejak (15-16 Mei 2017).

Menurut Ketua Pansel, Wayan Adi Arnawa, 21 nama ini merupakan peraih peringkat satu sampai tiga untuk tujuh kursi jabatan Eelon II yang masih lowong. Tiga nama masing-maisng jabatan Eselon II b dipilih berdasarkan hasil perankingan Pansel. Rangking tertinggi menempati urutan pertama, dilanjutkan kedua dan ketiga. “Nomor urut ini berdasarkan skor nilai dan itu ditabulasi dari penilaian masing-masing anggota Pansel. Jadi, urutan pertama otomatis nilainya tertinggi,” jelas Adi Arnawa, Rabu kemarin.

Adi Arnawa menyebutkan, 21 nama yang lolos seleksi untuk 7 jabatan Eselon II b ini nantinya akan disetor ke Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta. Selanjutnya, Bupati Badung akan memilih satu di antara 3 pejabat lolos seleksi masing-masing posisi jabatan, untuk menduduki kursi 7 Eselon II b. Adi Arnawa menyebutkan, setelah Pansel menyerahkan 21 nama, kini keputusan sepenuhnya ada di tangan Bupati Badung.

Meski menduduki ranking teratas dalam seleksi oleh Pansel, nama seperti Wayan Kristiani dan Wayan Wirya belum tentu akan langsung terpilih menjadi pejabat Eselon II b. Pasalnya, penentu terakhir tetap berada di tangan Bupati Badung. “Saya tidak boleh mendahului (keputusan Bupati, Red), karena ini kewenangan Bupati. Yang jelas, dari tiga nama yang disetor, semuanya boleh dipilih oleh Bupati,” tegas birokrat asal Desa Pecatu, Kecamatan Kuta Selatan, Badung ini. *asa

Komentar