nusabali

Lolak Tak Maju Pilkada Klungkung

  • www.nusabali.com-lolak-tak-maju-pilkada-klungkung

Anggota DPD RI asal daerah pemilihan (Dapil) Provinsi Bali, I Kadek Arimbawa menegaskan komitmennya untuk tidak akan maju dalam perhelatan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Klungkung tahun 2018 mendatang.

Pilih Fokus di DPD RI dan Besarkan Partai Hanura


DENPASAR, NusaBali
Hal ini diungkapkan saat sejumlah awak media melakukan konfirmasi mengenai isu yang berkembang di masyarakat. Pria asal Desa Tangkas, Klungkung ini menyatakan bahwa dia akan fokus untuk melaksanakan tugas di DPD RI hingga tahun 2019 mendatang.

Selain itu pria yang akrab disapa Lolak ini mengungkapkan bahwa dengan masuknya dia di jajaran kepengurusan DPP Partai Hanura membuat dirinya harus aktif membesarkan partai, khususnya di Bali. "Saat ini Partai Hanura di Bali sedang dalam tren positif sehingga kami harus memanfaatkan betul momentum ini. Apalagi dengan keberadaan satu fraksi di DPRD Klungkung, kami akan dorong calon dari kader," ungkap pria yang menjadi Ketua Pembinaan Wilayah Bali, NTB, NTT DPP Hanura ini.

Lolak mengungkapkan saat ini dirinya tengah disibukkan dengan konsolidasi internal partai untuk menggarap persiapan 20 (dua puluh) pilkada di wilayah Bali Nusra termasuk Pemilihan Gubernur (Pilgub) Bali, Pilkada Gianyar, dan Pilkada Klungkung 2018. Sementara itu terkait Pilkada Klungkung, tidak menutup kemungkinan Hanura bisa saja mengusung figur alternatif di Klungkung.

"Saya menghormati hasil Rakercab Hanura Klungkung beberapa waktu lalu yang mendukung saya untuk maju calon Bupati, namun saya rasa Hanura Klungkung memiliki banyak kader berpotensi, belum lagi tokoh-tokoh masyarakat di luar partai yang bisa saja kita calonkan," tegasnya

Lolak termasuk salah satu tokoh yang selama ini digadang-gadang potensial untuk maju dalam Pilkada Klungkung dengan elektabilitas (tingkat keterpilihan) yang cukup tinggi. Selain memiliki pengalaman dua periode di DPD RI, Arimbawa terbilang memiliki basis masa cukup kuat, terutama dari kalangan seniman dan pemilih tradisional. Disinggung mengenai apakah sudah ada yang menjalin komunikasi untuk mengusungnya sebagai calon bupati, Lolak pun tidak memungkiri.

"Baik di internal partai maupun beberapa tokoh masyarakat sudah memberikan dukungan secara langsung, namun lewat kesempatan ini saya tegaskan tidak akan maju," pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan anggota DPD RI dua kali periode (2009-2014 dan 2014-2019), I Kadek ‘Lolak’ Arimbawa diunggulkan jadi kandidat Calon Bupati (Cabup) pada Pilkada Klungkung 2018 oleh Partai Hanura. Lolak berhasil menduduki nominasi tertinggi dari 5 orang figur lainnya yang sempat ditelorkan saat Rakercab yang digelar DPC Partai Hanura Klungkung di SKB Banjarangkan, Minggu (12/2) lalu.

Lima kandidat lainnya, yaitu Ketua DPC Hanura Klungkung I Wayan Suyasa asal Desa Adat Kemoning, Kelurahan Semarapura Kelod, Sekretaris DPC Hanura Dewa Alit Saputra asal Desa Adat Kemoning, Kelurahan Semarapura Kelod, Korcab Hanura Klungkung Nyoman Suastika asal Desa Tulang Nyuh, Klungkung, Wakil Ketua Bidang OKK I Dewa Cakra Negara asal Puri Den Bencingah, Klungkung, dan Wakil Bendahara DPC Hanura Klungkung Ketut Kuasa asal Desa Sakti, Nusa Penida.

“Pak Lolak yang paling diunggulkan. Kader lainnya masih malu-malu kucing,” ujar sumber di Hanura Klungkung, Selasa (8/5). Dikonfirmasi terpisah Ketua DPC Hanura Klungkung, I Wayan Suyasa mengakui, dari nama-nama tersebut yang menduduki nominasi pertama, yaitu Kadek ‘Lolak’ Arimbawa. Meskipun demikian nanti tetap akan berproses sesuai mekanisme di partai baik penjaringan, penyaringan, dan lainnya. *isu

Komentar