nusabali

Lomba Dragon Boat Diikuti oleh Sembilan Negara Asing

  • www.nusabali.com-lomba-dragon-boat-diikuti-oleh-sembilan-negara-asing

Animo peserta lomba dragon boat dalam Badung Bahari Festival (BBF) lumayan tinggi.

Badung Bahari Festival 2017


MANGUPURA, NusaBali
Lomba dragon boat di ajang yang baru pertama kali digelar itu diikuti oleh peserta dari 10 negara yakni Indonesia sebagi tuan rumah dan sembilan negara lainnya.

“Lomba dragon boat ini diikuti oleh peserta dari sembilan negara yakni Amerika Serikat, New Zealand, Belanda, Inggris, China, Taipei, Taiwan, Brunei Darussalam, Malaysia,” kata Eri Barlin, koordinator teknis perlombaan dragon boat saat ditemui di lokasi lomba di Pantai Kedonganan, Kecamatan Kuta, Minggu (20/5).

Lomba digelar empat kategori yakni kategori putra, putri, mixed challenges, dan international challenges. Semuanya menggunakan jarak yang sama yakni 500 meter.

Eri menjelaskan, lomba ini diikuti oleh 12 regu, dengan menggunakan empat perahu. Satu perahu terdiri dari 16 orang pendayung. “Lomba dragon boat ini sebenarnya sudah dirancang sejak 2015. Pada tahun 2016 tim Bali dragon boat sudah melayangkan undangan kepada calon peserta. Namun perlombaan Bali dragon boat itu tak dapat dilaksanakan karena panitia belum siap. Waktu itu belum ada perahu dan perlengkapan teknis lainnya. Pada tahun 2017 ini baru bisa dilaksanakan bersamaan dengan Badung Bahari Festival. Namun pelaksanaannya masih belum sempurna. Kekurangannya adalah perahu,” ungkapnya.

Panitia pelaksanaan lomba ini adalah masyarakat setempat, namun untuk memimpin jalannya perlombaan pihak panitia menghadirkan wasit kelas dunia. “Perlombaan ini hanya merebut total hadiah 300 juta rupiah,  beberapa medali, dan penghargaan lainnya. Meski lombanya sederhana dan memperebutkan hadiah yang kecil, antusias peserta sangat tinggi. Wasitnya kelas dunia. Mudah-mudahan di tahun yang akan datang pelaksanaannya lebih sempurna lagi. Bapak bupati berjanji untuk membantu pengembangannya,” tuturnya. *cr64

Komentar